admin November 22, 2018

Nggak lucu banget, sih, kalau festival belanja online yang harusnya bisa kasih kamu kepuasan batin sehabis berbelanja (hidup hedonisme!) malah berbuah petaka akibat berbagai hal yang terjadi di luar rencana. Asal tahu aja, Sob, event event macem begini biasanya bikin orang kena jebakan betmen dan pada akhirnya nangis bombay akibat gagal survive. Apalagi, Black Friday Indonesia masih belum sepopuler di negara asalnya. Kebayang deh, chaos-nya bakal kayak gimana.

Weleh, kalau begitu, baiknya gimana dong?

Yuk, deh, kita pantengin dulu berbagai tip survive di festival belanja online biar kamu senantiasa tangguh menghadapi Black Friday maupun berbagai event belanja lainnya. Cus!

Riset Produk Dulu

Ini adalah hal yang kayaknya layak banget ada di urutan pertama. Ya, riset produk itu penting banget, Sob. Tujuannya apa lagi kalau bukan biar kamu bisa survive menghadapi berbagai festival belanja online.

Definisi survive di sini adalah kamu dapet barang berkualitas tapi kondisi kantong kamu juga bebas badai krismon, hehehe.

Dengan riset yang baik, kamu jadi bener-bener tahu kualitas produk yang kamu butuhkan. Soalnya, riset mengharuskan kamu untuk melihat review yang bertebaran di internet.

Kamu, misalnya, bisa cari tahu seberapa bagus kualitas sebuah barang berdasarkan komentar-komentar orang yang pernah pakai barang itu di sebuah konten review. Komentar satu orang jelas nggak bisa dijadikan pegangan. Karena itu, penting banget buat lihat komentar kebanyakan orang.

Dari situ, kamu bisa menilai, apakah barang itu termasuk bagus atau payah.

Bandingkan Harga-harga

Kenyataannya, bikin daftar barang yang mau dibeli aja nggak cukup. Kegilaan sebuah festival belanja online membuat kamu harus jago banget survive dari terpaan diskon yang terbukti ampuh bikin dompet tipis.

Selain itu, riset produk doang juga nggak cukup. Soalnya, barang dengan merek, jenis, dan seri yang sama sangat mungkin dijual dengan harga yang berbeda oleh penjual yang (juga) berbeda.

Nggak usah ngomongin marketplace A versus marketplace B, deh. Barang yang sama di marketplace yang sama aja bisa punya harga yang beda kalau pelapaknya beda. Betul, nggak?

Oleh karena itu, penting banget buat bandingin harga-harga barang yang kamu incar.

Bayangin deh, kalau sampai kamu napsu banget nemu barang yang kamu mau. Begitu udah beres transaksi, eh, baru nyadar kalau ada pelapak lain yang jual barang serupa tapi dengan harga yang lebih murah. Nyesel, Sob!

Makanya, bandingkan harga dulu. Kalau perlu, datengin tuh situs-situs yang biasanya membandingkan barang di tempat A dan tempat B. Semua agar kamu bisa memaksimalkan budget yang kamu punya untuk mendapatkan semua barang yang kamu inginkan. Biar nggak nyesel, Sob!

Coba deh kalau misalnya kamu udah jago membandingkan harga-harga produk yang ditawarkan. Bisa banget kan, budget yang tadinya udah disiapkan malah jadi sisa. Sisa anggaran Black Friday bisa buat beli produk lain yang kamu idam-idamkan, bisa juga ditabung buat biaya nikah. Setuju?

Perhatikan Kode Voucher

Beberapa marketplace kayak Bukalapak biasanya punya semacam kode voucher. Pada hari biasa aja mereka suka kasih kode voucher, apa lagi event akbar macem Black Friday? Walah, banjir kode voucher, Sob!

Jangan puas cuma karena berhasil dapet barang murah berkualitas, dong. Manfaatin juga kode voucher yang diberikan. Kan lumayan kalo berhasil dapet diskon kek, cashback kek, atau minimal banget gratis ongkos kirim alias ongkir, deh!

Nah, itu dia tips survive di berbagai festival belanja online. Oh iya, tips survive di atas juga berlaku di Black Friday 2018 lho, ya. Kan dia bisa dibilang festival belanja juga.

Yang jelas, nggak ada ruginya kalau kamu lebih cermat dalam berbelanja. Jadi, be a smart buyer. Setuju?

(Visited 11 times, 1 visits today)

Leave a comment.

Your email address will not be published. Required fields are marked*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.