admin June 29, 2020

Aspek kolektibilitas erat kaitannya dengan persetujuan kredit. Sebelum mengajukan pinjaman, pahami dulu aspek tersebut. Jika kolektibilitas nasabah termasuk kategori 1 (lancar) dan 2 (Dalam Perhatian Khusus), maka pengajuan kredit akan disetujui karena termasuk performing loan. Agar masuk dalam kategori tersebut, Anda perlu memperbaiki skor kredit. Inilah tips jitunya.

  1. Melunasi Hutang Terdahulu

Pasti Anda masih berpikir apa itu skor kredit. Kualitas kredit atau kolektibilitas kredit dapat diukur melalui skor kredit. Dengan skor kredit yang bagus, Anda bisa mendapatkan pinjaman lebih cepat dan dipercaya untuk mengajukan pinjaman ulang jika telah melunasi pinjaman sebelumnya.

Tentu saja hal tersebut sangat terkait dengan riwayat kredit. Untuk itu, Anda harus melunasi utang sebelumnya jika memang mempunyai kewajiban itu. Bagaimanapun, pemberi pinjaman akan memeriksa riwayat kredit seseorang sebelum menyetujui pengajuan pinjaman.

Dengan prinsip tersebut, bisa dipastikan bahwa pihak yang belum melunasi tagihan sebelumnya tidak akan disetujui karena termasuk dalam kredit bermasalah (non-performing loan). Pemberi pinjaman akan mengalami kerugian dan ketidaklancaran keuangan jika menerima pengajuan tersebut. Jadi, lunasilah tagihan Anda sebelumnya.

  1. Berpenghasilan Tetap

Setelah memastikan tidak ada lagi tagihan yang belum dilunasi, Anda harus memastikan kondisi penghasilan. Seseorang perlu mempunyai penghasilan tetap agar dapat menjamin pembayaran angsuran setiap bulannya dengan lancar. Adanya penghasilan dalam jumlah tetap tentu akan meyakinkan pihak pemberi pinjaman. Penambahan data aset yang dimiliki juga akan memperkuat.

  1. Tidak Mengajukan Kredit Bersamaan

Poin berikutnya yang perlu diperhatikan dalam memperbaiki skor kredit adalah tidak mengajukan kredit atau pinjaman dalam waktu bersamaan. Pengajuan lebih dari satu kredit justru membuat pihak pemberi pinjaman berpikir panjang dalam memberikan pinjaman. Apabila disetujui, Anda juga lebih kesulitan untuk memastikan pelunasan tagihan setiap bulannya sampai lunas.

Berkaitan dengan kewajiban tersebut, skor kredit Anda akan turun jika tidak mampu melunasi salah satunya ataupun terlambat bayar angsuran. Kondisi ini tidaklah menguntungkan karena kolektibilitas turun. Dikhawatirkan, Anda bisa dikategorikan non-performing loan atau kredit bermasalah. Alangkah baiknya, ajukan satu jenis pinjaman saja demi kelancaran pinjaman.

  1. Mengajukan Pinjaman dengan Angsuran Maksimal 30% dari Penghasilan

Sesuai dengan anjuran dalam manajemen keuangan, pengajuan pinjaman harus memperhatikan jumlah penghasilan. Jadi, jumlah pinjaman yang aman adalah maksimal sebanyak 30% dari penghasilan tetap Anda. Dengan batasan yang sudah teruji tersebut, pinjaman yang diajukan akan sanggup dilunasi. Perjalanan kredit akan lancar dan skor kreditnya akan selalu baik.

  1. Membayar Angsuran Tepat Waktu

Ketepatan dalam membayar angsuran setiap bulannya merupakan suatu indikator skor kredit. Untuk itu, usahakan agar selalu membayar angsuran tepat waktu. Jika memang bisa membayarnya lebih awal sebelum jatuh tempo, maka lakukan saja karena justru akan meningkatkan kepercayaan pemberi pinjaman.

Agar lebih mudah, pisahkanlah sebagian penghasilan yang digunakan untuk membayar angsuran. Cara ini sangat efektif dan memang harus dilakukan agar uangnya tidak terpakai untuk memenuhi kebutuhan lain.

  1. Memakai Kartu Kredit Kurang dari Limit

Tips terakhir untuk meningkatkan skor kredit adalah dengan memakai kartu kredit yang kurang dari limit. Hal ini sangat membantu Anda mencapai skor kredit yang baik. Selain mampu membayar angsuran tepat waktu sampai lunas, skor kredit akan meningkat jika Anda menggunakan kartu kredit dengan bijak. Itu tandanya, Anda bisa mengatur keuangan dengan baik.

Berbagai tips di atas sangat berguna dalam meningkatkan skor kredit. Apabila skor kreditnya tergolong baik, Anda akan lebih mudah dalam mengajukan pinjaman. Semua itu terjadi karena Anda dapat dipercaya untuk mengelola pinjaman, kemudian mampu membayar angsuran tepat waktu sampai lunas. Itulah tanda bahwa kolektibilitas Anda baik dan siap mengajukan pinjaman.

Leave a comment.

Your email address will not be published. Required fields are marked*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.