admin November 15, 2018

Penelitian menunjukkan bahwa sebenarnya terdapat 20 jenis jerawat. Namun, hanya lima yang umum dialami oleh manusia. Jerawat-jerawat umum tersebut dapat dihilangkan dengan menggunakan obat jerawat paling ampuh di apotik.

Lima jerawat yang dimaksud adalah komedo putih (whitehead), komedo hitam (blackhead), jerawat papula (papula acne), jerawat pustula (pustules acne), dan jerawat nodul (nodule acne).

Di antara lima jerawat tersebut, jerawat nodul merupakan jerawat yang sulit diatasi karena merupakan yang paling parah.

Jerawat nodul adalah jerawat yang bengkak, memerah, dan sakit bila disentuh. Jerawat nodul dapat membesar hingga tujuh milimeter, karena telah terinfeksi bakteri dan mengalami iritasi.

Jerawat nodul dikenal juga dengan sebutan jerawat batu. Pada bagian sekitar jerawat batu, biasanya akan ikut memerah dan meradang.

Tidak ada penyebab pasti timbulnya jerawat batu, namun umumnya terjadi akibat hormon. Jerawat batu akibat hormon paling sering dialami oleh remaja yang mengalami pubertas, perempuan yang sedang dalam masa pramenstruasi, ibu hamil, dan perempuan menopause.

Selain akibat hormon, jerawat ini juga bisa timbul karena genetik keluarga yang memiliki ‘bakat’ wajah berjerawat.

Saat ini telah banyak beredar obat jerawat ampuh untuk jerawat batu. Namun, penggunaan dan perawatannya harus hati-hati, karena jerawat jenis ini rentan meninggalkan bekas hitam dan cekungan pada kulit wajah.

Berikut tips menghilangkan jerawat batu.

  1. Kompres dengan Es Batu

Jerawat batu termasuk inflammatory acne, yaitu jerawat yang mengalami pembengkakan dan peradangan. Oleh sebab itu, penggunaan es batu dapat membantu mengurangi rasa sakit dan kemerahan yang timbul akibat peradangan jerawat tersebut.

  1. Suntik Jerawat pada Dokter Spesialis Kecantikan

Suntik jerawat merupakan prosedur medis menghilangkan jerawat yang membengkak dengan menyuntikan steroid ke dalam jerawat.

Melalui prosedur tersebut, jerawat akan kempes dan menghilang dalan jangka waktu satu hari. Metode ini menjadi cara yang paling sering digunakan oleh para perempuan dan menjadi prosedur unggulan dari klinik kecantikan.

Prosedur ini sangat aman apabila dilakukan dengan higenis oleh orang yang berkompeten, yaitu dokter spesialis kulit dan kelamin (Sp. KK).

Selain itu, prosedur ini juga minim efek samping. Hanya sedikit kasus ditemukannya alergi akibat penggunaan prosedur ini.

  1. Gunakan Masker dari Bahan Alami

Cara ini memang tidak instan, karena butuh waktu tiga hingga tujuh hari untuk menghilangkan jerawat batu menggunakan bahan-bahan alami. Meskipun demikian, cara ini minim efek samping.

Beberapa bahan alami yang dapat digunakan adalah madu, lemon, putih telur, lidah buaya, dan lain-lain. Butuh ketelatenan jika menggunakan bahan alami sebagai masker penghilang jerawat batu.

  1. Minum Obat Sesuai Resep Dokter

Seperti yang sudah dipaparkan sebelumnya, jerawat batu umumnya timbul akibat hormon dan genetik. Oleh sebab itu, salah satu cara mengatasinya adalah dengan meminum obat yang didapat setelah konsultasi dengan dokter.

Beberapa obat yang umum diminum untuk menghilangkan jerawat batu adalah antibiotik, asam salisilat dan asam azelaic, dapsone, isotretinoin, dan spironolactone. Obat-obat tersebut bisa didapatkan harus dengan resep dokter.

Demikian beberapa tips untuk menghilangkan jerawat batu. Meskipun telah terdapat obat-obat yang mampu mengatasi jerawat batu dengan instan, tetap perlu perubahan gaya hidup menjadi lebih sehat.

Beberapa pola hidup sehat yang dapat dilakukan adalah rutin berolahraga pagi, biasakan kulit terkena sinar matahari pagi, jauhi makanan berminyak, dan tidur yang cukup.

Selain itu, menjaga pikiran agar tidak stres juga perlu dilakukan, karena stres dapat meningkatkan hormon penyebab timbulnya jerawat batu. Beragam aktivitas dapat dilakukan agar tetap relaks seperti meditasi, berlibur, dan melakukan hobi pada akhir pekan.

(Visited 15 times, 1 visits today)

Leave a comment.

Your email address will not be published. Required fields are marked*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.