admin November 29, 2018

Sebagian besar pemilik rumah masih sangsi atas keuntungan mendaftarkan asuransi, beberapa orang juga menganggap asuransi adalah buang-buang uang, kesia-siaan. Asuransi rumah sebenarnya sama pentingnya dengan asuransi kesehatan. Kita tak pernah bisa menebak apa yang bisa terjadi pada rumah kita di masa depan, untuk itu ada baiknya membutuhkan persiapan sewaktu-waktu bila bencana terjadi.

Asuransi rumah menyediakan perlindungan bagi Anda dalam hal kerugian yang timbul akibat kebakaran, pencurian, atau kerusakan bencana alam. Mendapatkan asuransi rumah merupakan langkah awal yang baik untuk melindungi hunian, apalagi Anda baru saja membeli rumah dijual.

Menurut Mart Polman, Managing Director Lamudi Indonesia, penting bagi pemilik rumah untuk mengasuransikan huniannya, terlebih jika rumah yang dimiliki berada di wilayah yang rawan akan bencana.

“Apalagi harga jual rumah yang Anda miliki cukup mahal, untuk meminimalisir kerugian besar saat terjadi bencana, sebaiknya aset properti segera diasuransikan,” kata Mart.

Sayangnya, pentingnya asuransi ternyata saat ini masih belum bisa dimanfaatkan oleh masyarakat Indonesia dengan baik karena berdasarkan data dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) tingkat pemahaman asuransi di Indonesia masih rendah. Berdasarkan data OJK tahun 2017 lalu tingkat pemahaman tentang asuransi hanya mencapai 15,76 % angka ini menurun jika dibandingkan tahun 2013 lalu yang mencapai 17,84 %.

Nah untuk Anda yang ingin menggunakan asuransi untuk rumah, berikut ini adalah tipsnya.
Pahami kebutuhan asuransi yang diinginkan

Pada dasarnya jenis asuransi rumah sangat beragam, ada yang khusus untuk melindungi rumah dari kebakaran, pencurian, banjir atau gempa bumi. Sebelum memilih produk asuransi, sebaiknya pelajari terlebih dahulu potensi bahaya yang akan menimpa rumah.  Contohnya jika memang rumah yang Anda huni rawan akan bahaya banjir, maka pilihlah jenis asuransi rumah yang khusus untuk melindungi rumah dari banjir.

Pilih Asuransi yang mempunyai track record yang bagus
Pilih perusahaan asuransi yang memang memiliki track record yang bagus, informasi mengenai ini bisa didapatkan dari teman yang telah menggunakan asuransi tersebut atau informasi dari media massa.

Perhatikan dokumen polis
Perhatikan dengan seksama dokumen polis yang Anda terima, periksa dengan teliti apakah dokumen tersebut sudah sesuai dengan perjanjian yang telah disepakati. Selain itu, banyak pula perusahaan asuransi yang menyertakan berbagai pasal pengecualian,pastikan pasal-pasal tersebut masih bisa diterima oleh akal.

Ketahui Proses Klaim
Sebelum memilih asuransi, salah satu hal yang perlu diketahui adalah bagaimana proses klaim kerugian,  karena tentu Anda tidak ingin memilih asuransi yang memiliki peraturan yang berbelit-belit ketika mengajukan proses klaim bukan?.

Carilah perusahaan yang memang benar-benar membantu kliennya ketika mengajukan klaim, oleh karena itu sebaiknya Anda terlebih dahulu membandingkan perihal prosedur klaim kerugian ini di setiap perusahaan perusahaan asuransi.

Lihat nilai pertanggungan
Nilai pertanggungan menjadi hal yang terpenting ketika Anda memutuskan untuk memilih perusahaan asuransi, karena Anda pasti akan berhitung berapa biaya yang harus dibayarkan dan berapa nilai pertanggungan yang diterima. Pilihlah asuransi yang memberikan nilai pertanggungan yang cukup untuk memperbaiki rumah Anda.

(Visited 19 times, 1 visits today)

Leave a comment.

Your email address will not be published. Required fields are marked*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.