admin March 31, 2019

Memiliki anak yang masih balita memang harus memberikan perhatian ekstra. Pasalnya daya tahan tubuh si kecil belum sempurna dan rentan mengalami sakit. Salah satu penyakit yang sering dialami oleh balita adalah batuk dan pilek. Meskipun tergolong penyakit yang tidak berbahaya, namun batuk dan pilek tak jarang membuat anak menjadi lebih rewel dari biasanya. Sehingga orang tua harus ekstra sabar untuk menenangkannya.

Saat mengalami pilek, si kecil akan sering mengeluarkan ingus dari hidung. Hal ini tak jarang membuat si kecil kurang nyaman dalam bernafas. Selain hidung yang meler ini, tak jarang si kecil juga mengalami hidung mampet. Melihat hal ini tak jarang orang tua yang akhirnya berinisiatif memberikan obat hidung mampet dan hidung meler untuk si kecil. Memberikan obat untuk anak balita tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Karena jika dilanggar bisa membahayakan kesehatan si kecil ke depannya. Berikut ini ada beberapa tips yang perlu Anda perhatikan saat memberikan obat batuk dan pilek untuk si kecil, yaitu:

  1. Baca dengan teliti pada label kemasan dan ikuti petunjuk yang ada dengan benar dan hati-hati.
  2. Perhatikan efek samping penggunaan obat tersebut yang tertera pada label informasi.
  3. Hindari memberikan obat tambahan, seperti obat pereda nyeri atau obat lainnya saat sudah memberikan obat batuk pilek pada anak, kecuali berdasarkan petunjuk dari dokter.
  4. Untuk penggunaan obat batuk pada bayi berumur 2 tahun ke bawah harus atas petunjuk dari dokter.
  5. Jangan memberikan dosis obat yang lebih dari yang dianjurkan atau tercantum pada kemasan obat. Memberikan obat melebihi dosis yang ditentukan bisa membahayakan keselamatan anak dan efek samping lainnya yang ditimbulkan.
  6. Pergunakan alat pengukur yang tepat saat memberikan obat pada anak, seperti sendok obat maupun cup obat yang biasanya tersedia di kemasan obat sirup.
  7. Berkonsultasi dengan dokter saat memilih obat batuk pilek yang aman untuk anak, terlebih jika melihat kandungan bahan yang tidak Anda pahami.
  8. Berikan obat hidung tersumbat yang aman untuk anak, bukan obat batuk pilek khusus orang dewasa.

 

Leave a comment.

Your email address will not be published. Required fields are marked*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.