admin March 2, 2019

Memiliki motor baru adalah impian banyak orang terlebih bila motor tersebut memang benar-benar dibutuhkan. Hanya saja, keadaan dana yang tak mencukupi kadangkala membuat hal tersebut tak bisa diwujudkan. Oleh sebab itu, banyak orang yang lebih memilih jual beli motor bekas saja. Kalau Anda juga begitu, terapkan tips ini untuk dapat yang terbaik!

  1. Cek Harga Pasaran

Hal pertama yang harus Anda lakukan ketika membeli motor bekas adalah mengecek harga pasaran lebih dulu. Anda bisa mengeceknya secara langsung dengan datang ke banyak dealer atau showroom motor bekas untuk membandingkan harganya. Namun, kalau tak mau ribet, Anda bisa cek via online di web resmi vendor motor yang Anda inginkan saja.

  1. Pilih Tipe Motor yang Akan Dibeli

Selain itu, Anda juga harus memilih seperti apa tipe motor yang akan dibeli. Memang, akan sangat sulit bila harus menentukan merek dan variannya. Oleh sebab itu, tipenya yang diutamakan. Anda mau motor matik atau motor kopling, sesuaikan dengan kebutuhan. Hal ini akan memudahkan Anda mendapatkan motor yang diimpikan dengan lebih cepat.

  1. Pilih Penjual yang Benar

Selain itu, pastikan Anda memilih penjual yang benar. Caranya, salah satunya adalah dengan datang ke dealer resmi. Hal ini bisa membuat Anda terhindar dari penipuan motor curian yang dijual kembali dan lainnya. Kalau tak bisa, Anda bisa mencari kawan yang punya kenalan penjual motor terpercaya agar dapat yang terbaik.

  1. Periksa Detail Kelengkapan Surat Motor

Sebelum Anda beli motor bekas, hal lain yang harus Anda lakukan adalah memeriksa dengan detail kelengkapan surat motor tersebut. Pastikan motor tersebut memiliki BPKB dan STNK untuk mengetahui kejelasan identitas dari motor tersebut dan pemilik pertamanya. Dengan begitu, Anda bisa pastikan kalau notor tersebut bukan motor curian.

Bukan karena apa, toh sekarang ini ada banyak kasus pencurian kendaraan bermotor yang terjadi, kan? Dengan melakukan pengecekan, setidaknya Anda tak akan menemukan masalah ke depannya karena dituduh sebagai penadah. Selain itu, pastikan juga bahwa surat motor tersebut asli.

  1. Cek Nomor Rangka dan Nomor Mesin

Selain itu, Anda juga wajib melakukan pemeriksaan nomor rangka dan nomor mesin dari motor tersebut. Kalau bertemu ketidaksesuaian, lebih baik Anda tak jadi membelinya. Sebab, bukan tak mungkin motor tersebut adalah motor curian. Oleh sebab itu, Anda harus melakukannya dengan hati-hati dan teliti.

  1. Cek Bodi Motor

Bila semua sudah sesuai, selanjutnya lakukanlah pengecekan bodi motor itu. Cara ini sebenarnya mudah dilakukan karena semua tampak jelas. Usahakan, motor yang Anda beli tak ada goresan, penyok dan retak. Selain itu, tanyakan juga apakah semua suku cadang yang digunakan adalah asli atau bukan.

  1. Nyalakan Mesin

Jangan lupa untuk mencoba menyalakan mesin. Kalau diperkenankan, coba juga mengendarainya. Dengan begitu, Anda bisa tahu apakah motor yang Anda pilih sesuai dan nyaman digunakan. Anda bisa mencobanya dengan menarik gas kuat-kuat dan melepasnya. Lihat, apakah mesin tetap hidup atau tidak. Kalau iya, berarti motor dalam keadaan baik.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda terapkan ketika beli motor atau bahkan jual beli motor bekas untuk mendapatkan yang kualitasnya baik. Jadi, Anda tak bisa beli seenaknya saja, ya! Kecuali, kalau Anda mau dapat masalah dengan motor tersebut. Kalau mau aman, lebih baik Anda beli langsung di dealer resmi saja semisal Yamaha. Selain terjamin, ada banyak varian juga di sini.

Leave a comment.

Your email address will not be published. Required fields are marked*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.