admin April 12, 2019

Kontraksi adalah salah satu tanda segera dimulainya proses persalinan. Untuk kehamilan pertama, ibu hamil pasti akan panik jika merasakan kontraksi. Padahal, belum tentu apa yang dirasakan itu merupakan kontraksi asli karena seringkali kontraksi palsu muncul ketika masa kehamilan.

Apa Itu Braxton Hicks?

Braxton Hicks merupakan istilah yang digunakan untuk kontraksi palsu. Kontraksi ini sering terjadi untuk mempersiapkan proses kelahiran serta menjadi tanda bagi para ibu hamil untuk bersiap menghadapi proses persalinan. Meskipun rasanya hampir sama dengan kontraksi asli, namun Anda tidak perlu khawatir.

Sebagian ibu hamil mungkin tidak merasakan kontraksi ini. Biasanya, kontraksi mulai dirasakan ketika usia kehamilan mencapai 30 Minggu. Frekuensinya juga akan bertambah menjelang persalinan sehingga bisa dijadikan tanda ketika kontraksi mulai sering dirasakan.

Manfaat Braxton Hicks

Kontraksi ini biasanya menyebabkan rasa sakit dan pegal pada bagian tubuh tertentu, misal perut, pinggul, pinggang atau lainnya. Berbagai aktivitas biasanya akan terganggu jika kontraksi ini mulai muncul. Seringkali seorang ibu hamil harus istirahat total karena kontraksi yang terjadi begitu menyakitkan.

Meskipun kontraksi membuat ibu hamil merasa tidak nyaman, terlebih pada kehamilan trimester 3, tapi ternyata kontraksi ini juga memberikan manfaat. Kontraksi yang terjadi pada kehamilan trimester 3 merupakan tanda jika rahim sedang bersiap untuk proses persalinan yang sebentar lagi akan datang.

Pasalnya, semakin sering mengalami kontraksi, maka proses persalinan nantinya akan semakin mudah karena mulut rahim telah melunak sehingga jalan lahir makin mudah. Jadi, tidak selamanya kontraksi memberikan kerugian bagi para ibu hamil. Karena seringkali para ibu mengeluhkan kondisi yang tidak nyaman ketika kontraksi terjadi.

Penting untuk diperhatikan jika usia kehamilan belum 37 minggu, tapi kontraksi datang lebih dari 4 kali dalam satu jam maka Anda harus waspada. Kondisi ini memungkinkan kelahiran prematur jika tidak segera di atasi. Meskipun kontraksi memberikan manfaat, tapi jika sudah berlebihan maka Anda patut waspada.

Kondisi lebih serius jika kontraksi terjadi sekaligus dengan munculnya cairan dari vagina, pendarahan vagina, bercak darag atau tekanan pada pinggul, seperti adanya dorongan bayi yang ingin lahir. Apabila Anda sudah merasakan tanda demikian, maka Anda harus segera menghubungi dokter, bidang atau langsung saja pergi ke RS.

Kontraksi merupakan bagian kecil dari tanda-tanda kelahiran. Meskipun bisa dijadikan indikasi, namun Anda harus tahu perbedaan antara kontraksi asli dan palsu agar tidak terkecoh. Apabila kontraksi datang, Anda juga tidak perlu panik, sekalipun itu palsu karena justru akan memberikan kemudahan saat persalinan.

Kontraksi palsu memang memberikan manfaat bagi ibu hamil untuk memudahkan proses persalinan nantinya. Informasi bermanfaat mengenai kehamilan sangatlah penting untuk diketahui agar Anda bisa menjaga kesehatan janin hingga lahir. Berbagai informasi tersebut bisa Anda dapatkan dari Orami.

Leave a comment.

Your email address will not be published. Required fields are marked*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.