admin April 15, 2020

Banyak sekali memang masyarakat yang dibuat takut karena wabah virus Corona yang melanda dunia saat ini. bahkan di Indonesia sendiri wabah ini juga semakin parah. Pada hari ini 30 Maret 2020 saja nyatanya jumlah kasus positif corona yang ada mencapai angka 1.414 orang dengan 122 diantaranya dinyatakan meninggal dunia. Angka tersebut naik cukup banyak, khususnya di kawasan DKI Jakarta, kota dimana mobilitas berlangsung secara sangat cepat. Tidak menutup kemungkinan juga bagi Anda untuk bisa terserang virus berbahaya yang satu ini di kemudian hari jika seandainya tidak melakukan pencegahan. Namun juga jangan khawatir karena nyatanya banyak diantara rumah sakit terdekat yang sudah ditunjuk oleh pemerintah sebagai rujukan berobat bagi pasien Covid 19.

Tercatat bahwa sampai saat ini setidaknya sudah ada 136 rumah sakit yang dapat Anda rujuk jika seandainya memiliki gejala terkait dengan virus yang satu ini. Semenjak keberadaan dari wabah virus yang satu ini, nyatanya tidak dapat dipungkiri jika ada beragam jenis mitos-mitos yang berkembang di tengah masyarakat terkait dengan virus berbahaya tersebut. Padahal sebenarnya bukan hal yang benar. Berikut ini diantaranya ada beberapa fakta dan juga mitos terkait dengan virus ini yang patut untuk diketahui, yaitu:

  1. Coronavirus bisa menyebar melalui paket ataupun barang, banyak yang mempercayai hal ini sehingga kemudian pembelian barang dari negara asal virus tersebut mengalami penurunan dalam jumlah yang cukup signifikan. Padahal sebenarnya tidak benar. Bagaimanapun virus ini tetap bisa mati di dalam ruangan terbuka biasa, apalagi jika seandainya terkena sinar matahari, ia tidak bisa bertahan hidup lebih lama. Sebenarnya resiko penyebarannya adalah lewat droplet dari penderita Covid 19.
  2. Mengonsumsi alkohol dapat menyembuhkan virus tersebut, banyak orang yang mencoba langkah yang satu ini, karena ternyata ada yang berhasil sembuh dari penyakit tersebut karena konsumsi alkohol. Padahal sebenarnya penyembuhan penyakit ini tidak berhubungan dengan alkohol. Karena ia dapat membunuh kuman dan juga virus ketika sudah dalam bentuk antiseptik, bukan minuman secara langsung.
  3. Vaksin pneumonia dapat digunakan sebagai upaya pencegahan penyakit ini, faktanya tidak benar karena ia hanya difungsikan untuk melindungi diri dari influenza tipe B atau pneumokokus, bukan digunakan untuk melindungi tubuh dari penyakit Covid 19, sampai sekarang belum ditemukan vaksin yang efektif untuk cegah penyakit tersebut.
  4. Mengonsumsi bawang putih dapat mencegah infeksi, memang pada dasarnya bumbu dapur yang satu ini kaya akan berbagai macam manfaat, termasuk diantaranya adalah senyawa yang dapat membantu untuk melawan infeksi bakteri dan juga virus. Hanya saja belum ada penelitian yang membuktikan bahwa sebenarnya dengan konsumsi bawang putih dapat melindungi dari penyakit ini. Hanya saja memang dengan memperbanyak konsumsinya sebenarnya juga sangat efektif untuk meningkatkan sistem imuns atau daya tahan tubuh. Sehingga bisa berguna untuk melawan penyakit Covid 19 tersebut.

Itulah setidaknya beberapa mitos dan juga fakta terkait dengan penyakit yang satu ini, jangan ragu untuk langsung datang ke rumah sakit terdekat rujukan dari Corona, jika seandainya Anda sudah mulai merasakan gejalanya. Jangan sampai nantinya orang-orang tersayang yang ada di sekitar Anda juga sampai tertular penyakit berbahaya ini, karena penularannya berlangsung secara cepat. Untuk itu sebaiknya langsung melakukan isolasi diri dan mendapatkan pengobatan agar bisa sembuh.

Leave a comment.

Your email address will not be published. Required fields are marked*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.