admin December 20, 2017

Gurame adalah salah satu jenis ikan yang biasa dibudidaya dalam kolam ikan sederhana. Entah di dalam kolam buatan tanah atau kolam buatan dengan terpal. Yang pasti ikan ini sangat mudah dibudidaya. Karena itu, khusus untuk daerah yang jauh dari laut, biasanya menjadikan ikan ini sebagai sumber lauk pauk yang nikmat. Ikan ini juga sering menjadi salah satu ikan yang ada di tempat pemancingan. Sehingga sering kali diolah dalam keadaan masih segar. Salah satu menu olahan ikan gurame yang kelezatanya tak perlu diragukan lagi adalah Gulai Ikan Gurame.

Untuk memasak Gulai ikan gurame sebanrnya tak susah. Yang perlu kamu lakukan hanya menyiapkan beberapa bahan dan langkah-langkah di bawah ini. hanya saja, bagian yang agak sulit adalah santan kelapanya.

Bahan dan Cara Membuat Gulai Ikan Gurame

  • Bahan yang digunakan terdiri dari: 1 kg ikan gurame dengan ukuran sedang, 1 buah jeruk nipis, 3 lembar daun salam, 2 iris asam kandis, 7 buah cabe rawit setan (menyesuaikan selera anda) jika anda suka pedas bisa ditambah, dan Minyak goreng secukupnya
  • I bungkus Sasa Santan Kelapa. Sasa Santan Kelapa ini memiliki kandungan yang baik untuk kesehatan karena sama dengan santan yang baru diperas. Ia dikemas dalam keadaan segar dan sudah matang sehingga siap dipakai. Makanya tak salah bila Sasa Santan Kelapa sangat cocok untuk segala jenis masakan, baik itu untuk makanan, dan minuman. Apalagi, Sasa Santan Kelapa ini memiliki aroma dan rasa se-segar kelapa yang langsung diperas. Untuk kesehatan juga baik karena tanpa pengawet.
  • Bumbu yang dihaluskan, meliputi: 6 buah bawang merah, 4 buah bawang putih, 4 buah cabe merah keriting, 1 ruas kunyit, ½ ruas jahe, ½ ruas laos, 2 buah kemiri 2 butir, ½ sendok teh merica, ½ sendok teh gula pasir dan ½ sendok makan garam dapur

Cara membuat hidangan gulai ikan gurame sederhana adalah :

  1. Siapkan dan bersihkan terlebh dahulu ikan gurame dengan cara membelah bagian perutnya untuk membuang semua kotoran yang ada di dalam perut.
  2. Selanjutnya cuci ikan gurame dengan air bersih dan potong sama bagian dengan ukuran sesuai dengan selera anda.
  3. Setelah itu anda tinggal lumuri potongan ikan gurame tersebut dengan campuran air perasan jeruk nipis dan garam dapur hingga semua permukaan badan ikan gurame terlumuri semua. Diamkan  selama 30 menit agar bumbu tersebut meresap. Sisihkan terlebih dahulu.
  4. Sembari menunggu anda bisa melakukan tumis bumbu-bumbu yang telah dihaluskan hingga tercium aroma harum.
  5. Setelah tercium aroma harum, masukkan serai (digeprek dahulu), daun salam dan daun jeruk kedalam tumisan bumbu, anda masak terus hingga daun-daunnya menjadi layu sambil diaduk – aduk hingga bumbu merata .
  6. Baru tuangkan Sasa Santan Kelapa ke dalam tumisan tadi. Dan aduk-aduk kembali hingga sama rata dan masak terus hingga mendidih.
  7. Lanjut masukkan ikan yang telah disisihkan tadi dan juga garam, sesekali diharapkan anda untuk mengadu-adukk.
  8. Tambahkan bumbu-bumbu pelengkap seperti gula pasir, garam dapur dan juga asam kandis aduk sebentar. Icipi rasanya.
  9. Masaklah hingga ikan matang dan tambahkan Sasa santan Kelapa lagi dan juga cabe rawit. Lanjut kamu aduk terus hingga matang.
  10. Jika sudah matang, siap disajikan dan dihidangkan.

Hadirnya Sasa Santan, Aslinya Santan tentu menjadikan kita lebih praktis untuk memasak berbagai masakan yang bersantan kan? Oleh karena itu, bumbu dapur rahasia ini wajib hadir di setiap dapur rumah. Termasuk Anda

 

(Visited 62 times, 1 visits today)

Leave a comment.

Your email address will not be published. Required fields are marked*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.