admin May 8, 2020

Ketombe berkerak adalah masalah serius yang sering dihadapi oleh kulit kepala. Hal ini tentu akan membuat kulit kepala menjadi terasa tidak nyaman. Permasalahan kulit kepala yang satu ini bisa disebabkan oleh beberapa hal. Penting untuk mengetahui penyebabnya terlebih dahulu, agar kita bisa melakukan pencegahan dan penanganan dengan tepat.

Beberapa Hal yang Bisa Menimbulkan Ketombe Berkerak

Ketombe adalah salah satu masalah yang sering muncul pada kulit kepala. Butiran putih seperti debu ini nyatanya juga bisa menjadi parah jika tidak diatasi dengan baik. Ada banyak hal yang bisa memicu terjadinya ketombe berkerak. Terkadang, meskipun sudah rajin berkeramas rambut masih saja muncul ketombe. Berikut adalah beberapa hal penyebab ketombe.

1. Salah Produk

Maksud dari point yang pertama ini adalah kemungkinan terbesar penyebab ketombe adalah salah produk yang digunakan untuk membersihkan rambut. Bisa dari shampoo yang salah ataupun conditioner juga yang salah. Jika tidak sadari, sampai kapanpun rambut akan terus berketombe, jadi Anda harus peka terhadap produk perawatan rambut yang digunakan.

Kesalahan tersebut juga bisa terjadi karena karakter rambut yang tidak sesuai dengan produk perawatan yang digunakan. Misalnya seperti, orang dengan rambut yang berminyak, kemudian menggunakan shampoo untuk rambut berminyak. Hasilnya adalah rambut akan semakin berminyak, dan hal inilah yang akan memunculkan ketombe basah dan berkerak.

2. Cara Keramas yang Salah

Penyebab kedua yang memicu adanya ketombe adalah cara keramas yang mungkin saja salah. Misalnya terburu-buru saat keramas, sehingga proses pembersihan rambut menjadi tidak maksimal. Akhirnya akan meninggalkan kotoran-kotoran yang masih menempel pada kulit kepala. Hal tersebut menjadi cikal bakal munculnya ketombe.

Pastikan setiap kali melakukan keramas dilakukan dengan cara benar. Cuci semua bagian pada rambut hingga ke kulit kepalanya hingga tuntas. Bagi yang memiliki rambut panjang tentu harus ekstra sabar dalam melakukan keramas, agar bisa bersih secara maksimal dan tidak meninggalkan sisa-sisa kotoran yang memicu ketombe.

3. Terlalu Sering Keramas

Jangka waktu untuk keramas yang baik adalah setiap dua hari sekali. Jika terlalu sering melakukan keramas dapat menyebabkan kulit kepala menjadi kering dan menghilangkan minyak alami pada rambut. Hal ini justru akan memicu munculnya ketombe, karena kurangnya kelembapan pada kulit kepala.

Cara Mencegah Munculnya Ketombe Berkerak

Pencegahan bisa dilakukan dengan berbagai macam cara, salah satunya adalah dengan menggunakan produk perawatan rambut yang berkualitas. Pencegahan bisa dilakukan dengan memberikan sentuhan-sentuhan alami pada rambut. Misalnya dengan melakukan pijatan setiap kali melakukan keramas, dan memberikannya gel aloe vera.

Salah satu produk berkualitas yang bisa digunakan untuk mencegah adanya ketombe adalah dengan menggunakan shampoo TRESemme Scalp Cara. Produk yangs atu ini memang diformulasikan secara khusus untuk mencegah dan juga menangani rambut berketombe. Memiliki kandungan tea tree oil yang akan membantu menyehatkan kulit kepala.

Kandungan tersebut juga mampu mencegah terjadinya rambut rontok. Shampoo ini juga mengandung zinc mineral, serta pro-nutri essence yang akan membersihkan kulit kepala secara maksimal, membuat lebih nyaman, dan terbebas dari ketombe. Dengan begitu, Anda akan terhindar dari ketombe berkerak yang akan sangat mengganggu.

Itulah tadi beberapa ulasan mengenai penyebab ketombe berkerak dan juga cara untuk melakukan pencegahannya. Jadi, jangan sampai sembarangan lagi dalam melakukan perawatan rambut, karena kesalahan sedikit saja pasti akan sangat berpengaruh terhadap kesehatan rambut. Selalu gunakan produk perawatan yang berkualitas.

Leave a comment.

Your email address will not be published. Required fields are marked*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.