admin March 26, 2019

Bagi bayi yang baru lahir hingga berusia 6 bulan sangat disarankan untuk mengonsumsi ASI eksklusif. Namun jika sang buah hati sudah menginjak usia 6 bulan ke atas tak ada salahnya bagi Anda untuk memberikan MPASI. Sebab pada usia ini si kecil sudah bisa mengonsumsi MPASI. Sebelum ini berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika membuat menu MPASI 6 bulan.

Nutrisi yang Dibutuhkan Bayi Usia 6 Bulan

Nutrisi yang lengkap dan seimbang tentu sangat dibutuhkan bayi pada usia ini. pasalnya nutrisi menjadi fondasi utama terhadap tumbuh kembang si kecil. Beberapa nutrisi yang penting untuk dikonsumsi sang buah hati adalah karbohidrat, lemak, dan protein. Untuk itu pastikan semua zat tersebut selalu terpenuhi dengan baik dari menu MPASI yang Anda berikan untuk sang buah hati.

Variasi Menu Makanan yang Diberikan

Tak hanya kebutuhan gizinya saja yang harus terpenuhi. Namun Anda juga perlu memperhatikan variasi makanan yang digunakan. Terlebih lagi MPASI juga harus dibuat berdasarkan nutrisi yang dibutuhkan oleh sang buah hati. Protein bisa didapat melalui daging, karbohidrat dari beras merah, dan asam lemak baik bisa Anda temukan pada telur yang kaya akan Omega 3 atau ikan salmon.

Buah-buahan yang Boleh Dikonsumsi

Buah memang sangat disarankan untuk menu MPASI 6 bulan karena kaya akan sumber mineral, air, dan vitamin. Meski begitu tak semua jenis buah dapat dikonsumsi oleh sang buah hati. Tak hanya buah dengan tekstur keras dan berserat saja. Ada juga beberapa jenis buah yang dapat memicu alergi pada si kecil. Pisang dan apel merupakan jenis buah dengan risiko yang rendah.

Buah MPASI Sendiri

Meski terkesan merepotkan, namun nyatanya membuat MPASI sendiri untuk si kecil merupakan hal yang menyenangkan. Selain lebih sehat bagi snag buah hati, Anda juga bisa mengombinasikan bahan makanan sesuai dengan kebutuhan gizi sang buah hati. Terlebih lagi memasak makanan untuk si kecil juga tidak membutuhkan keahlian khusus seperti memasak makanan orang dewasa.

Buat Jadwal Makan Bayi 6 Bulan

Ternyata membuat jadwal makan untuk sang buah hati memiliki peranan yang sangat penting untuk membiasakan si kecil mengunyah makanan padat. Tak hanya itu saja membuat jadwal makan si kecil juga tak boleh asal-asalan. Namun juga harus dilakukan secara perlahan dan bertahap. Jadwal makan ini bisa dibuat setiap pagi, siang, dan makan dengan selingan camilan.

Porsi Makanan yang Tidak Dianjurkan

Salah satu hal terpenting yang perlu Anda perhatikan adalah bahwa setiap bayi memiliki porsi makan yang berbeda-beda. Hal in tentunya harus disesuaikan dengan berat badan dan aktivitas si kecil. dalam tahap perkenalan MPASI pastikan jangan pernah memaksakan sang buah hati untuk mengonsumsi makanan padat dalam jumlah yang banyak. Satu teh bubur buah sudah cukup.

Cara Pengolahan Bahan Makanan

Seperti yang sudah diketahui bahwa makanan untuk si kecil tentu harus dioleh dengan lebih halus dan lembut. Untuk itu cara yang bisa Anda lakukan adalah merebus dan mengukus bahan makanan. Jika hendak mengukus bahan makanan, pastikan kukus dalam keadaan yang utuh sebelum dipotong atau dikupas. Hal yang satu ini bertujuan untuk membuat nutrisi tetap terjaga.

Nah di atas merupakan beberapa hal yang perlu Anda perhatikan ketika hendak membuat menu MPASI 6 bulan untuk sang buah hati. Ternyata membuat makanan pendamping ASI tak hanya sekadar memasak saja. Namun ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat membuatnya. Untuk itu pastikan memperhatikan hal du atas saat membuat menu MPASI untuk si kecil ya.

Leave a comment.

Your email address will not be published. Required fields are marked*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.