admin January 3, 2019

 

Dewasa ini, modus penipuan sudah begitu banyak terjadi. Bahkan internet pun menjadi salah satu media paling banyak digunakan untuk menjalankan modus-modus penipuan ini. Seperti penipuan online shop yang sudah memakan begitu banyak korban.

Sebagai customer yang cerdas tentu Anda tidak ingin menjadi korban penipuan online shop ini bukan? Kejelian dan ketelitian dalam memilih online shop terpercaya sangat Anda butuhkan untuk bisa mendapatkan produk terbaik dengan harga yang sesuai.

 

Ciri-ciri Online Shop Terpercaya Indonesia

Untuk mendapatkan produk terbaik dengan harga terendah dari sebuah online shop nampaknya bukan lagi hal sulit. Mengapa bisa demikian? Sebab Anda pun bisa melihat bagaimana ciri-ciri online shop terpercaya. Benar sekali, begitu banyak ciri yang mudah untuk Anda kenali untuk menentukan apakah online shop tersebut terpercaya atau justru sebaliknya.

1. Tampilan Menarik dan Tidak Asal-asalan

Sebelum menilai lebih jauh terkait online shop tersebut, tentu faktor pertama yang akan menjadi bahan pertimbangan Anda adalah tampilan dari online shop tersebut bukan? Umumnya sebuah online shop terpercaya memiliki tampilan yang berkonsep dan jauh dari kata “asal-asalan”.

Tatanan gambar hingga pemilihan gambar berkualitas baik menjadi satu pertimbangan penting bagi admin online shop untuk mampu menarik perhatian calon customer. Sebab dari online shop, semua produk yang dijual akan dipertimbangkan menurut gambar serta video yang ditampilan, jadi sudah jelas tampilan laman olshop wajib dibuat semenarik mungkin.

2. Menggunakan Domain co.id

Jika Anda belanja di online shop terpercaya Indonesia, maka domain yang digunakan adalah co.id. mengapa harus domain tersebut untuk bisa menentukan tingkat kepercayaan sebuah online shop? Sebab untuk bisa menggunaka domain co.id sebuah online shop harus memenuhi syarat tertentu seperti ijin usaha, fc ktp sebagai identitas pengelola/pemilik dll.

Ketika seluruh persyaratan tersebut terpenuhi, maka dapat dipastikan Anda bisa lebih leluasa melacak siapa pemilik atau pengelola online shop tersebut. Hal ini tentu cukup dibutuhkan untuk antisipasi apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Lalu bagaimana dengan online shop yang menggunakan domain .com? Meski tak bisa dikatakan jika toko online tersebut tidak terpercaya namun setidaknya Anda harus mengeceknya terlebih dulu di whois. Pastinya ini akan memakan waktu lebih dan terkesan tidak praktis bukan?

3. Memiliki Fixed Phone yang Dapat Dihubungi

Dengan alasan untuk kemudahan transaksi serta pemesanan, sering kali online shop hanya mencantumkan nomer telephone, pin BB, serta Line saja. Padahal jika diteliti lebih lanjut, nomer serta akun-akun ini dapat dengan mudah memblokir akun Anda dan otomatis menghilang tanpa jejak.

Untuk itulah, umumnya sebuah online shop terpercaya juga akan menyertakan nomer telephone fixed phone yang masih bisa dihubungi. Walaupun tidak begitu banyak digunakan namun fixed phone ini akan menjadi satu bukti kepercayaan online shop tersebut.

4. Sistem Pembayaran

Hal berikutnya yang perlu Anda pertimbangkan adalah system pembayaran yang ditetapkan oleh online shop tersebut. Beberapa online shop mungkin hanya akan menetapkan satu system pembayaran sana, namun beberapa lainnya juga menyedikan lebih dari satu system.

Dalam dunia online shop, setidaknya ada 3 sistem pembayaran yang perlu Anda pahami, yaitu :

  • COD (cash on delivery)

Yaitu system pembayaran dimana customer akan memberikan uang pembayaran ketika produk sampai di tengannya. Jadi apabila produk yang dikirim tidak sesuai customer bisa mengajukan pengelakan untuk membatalkan transaksi. Dengan system pembayaran ini, kasusu penipuan akan sangat rendah terjadi.

  • Rekber (rekening bersama)

Umumnya system pembayaran ini akan Anda jumpai ketika melakukan transaksi di market place. Dimana pihak market place menyediakan rekening bersama dan bertindak sebagai pihak ketiga atau mediator. Jadi ketika terjadi transaksi, customer akan menstansfer dananya ke rekening bersama, kemudian setelah produk diterima customer harus melakukan konfirmasi penerimaan produk. Dengan demikian pihak ketiga akan menyalurkan dana yang telah ditransfer oleh customer pada penjual. biasanya transaksi ini juga akan dikenai potongan oleh pihak ketiga pada penjual.

  • Internet Banking

Meski cukup rentan pada modus penipuan, namun tak dapat dipungkiri jika begitu banyak online shop terpercaya yang menggunakan system pembayaran internet banking. Hal ini terjadi karena faktor keterbatasan jarak yang tidak memungkinkan untuk penjual dan customer melakukan COD.

5. Track Record Online Shop

Satu lagi ciri online shop terpercaya yang sangat membantu Anda menentukan online shop terbaik, yaitu track record yang telah diberikan customer sebelumnya. Umumnya dalam sebuah online shop akan muncul kolom komentar yang dapat digunakan oleh customer yang pernah melakukan transaksi pembelian di online shop tersebut.

Dari komentar-komentar ini Anda bisa menilai bagaimana grade online shop tersebut. Bahkan tak jarang pula customer yang banyak memberikan testi menggunakan real pict produk yang dibelinya, sehingga track recordnya pun jauh lebih jelas.

Untuk pembelian di market place, Anda juga bisa menilai track record sebuah toko dari jumlah bintang yang dimilikinya. Untuk penilaian terbaik biasanya menggunakan lambang 5 bintang, sedangkan untuk penilaian terburuk menggunakan 1 bintang.

 

Ciri Online Shop Abal-abal

Selain wajib mengetahui ciri-ciri online shop terpercaya, Anda juga perlu mengetahui apa saja ciri onlins shop abal-abal yang ternyata jumlahnya tak kalah banyak. Miris sekali, di Indonesia jumlah online shop yang tidak mempertanggung jawabkan transaksinya dengan customer semakin meningkat. Oleh sebab itu Anda pun harus lebih jeli dan teliti.

1. Enggan Memberikan Real Pict

Berbanding terbalik dengan online shop terpercaya yang akan memberikan tampilan gambar terbaik dan merupakan produk aslinya. Untuk online shop abal-abal biasanya hanya akan menggunakan gambar comotan dari online shop besar. Sedangkan begitu banyak customer yang menginginkan real pict untuk setiap produk yang dijual.

Nah disini Anda bisa meminta penjual untuk memberikan real pict produk dan bandingkan dengan gambar referensinya serta detail produk yang dicantumkan.

2. Proses Pengemasan Lama dan Pengiriman Tidak Jelas

Sebelum fix melakukan transaksi, seharusnya Anda sudah tahu kapan produk bisa dikirim dan estimasi waktu pengiriman. apabila produk yang dikirim sudah melewati batas yang dijanjikan, cobalah untuk lebih intens menghubungi penjual hanya untuk memastikan pesanan Anda dikirim dengan baik.

Setelah itu cobalah untuk segera meminta resi pengiriman barang agar Anda bisa leluasa mengecek pengiriman. Jadi taka da salahnya jika Anda aktif menanyakan produk pesanan Anda yaa.

3. Harga Tidak Sesuai

Meskipun sebagian orang selalu mencari produk terbaik dengan harga termurah, namun berhati-hatilah dengan harga produk yang jauh di bawah standar. biasanya produk dengan harga terlalu rendah justru memiliki minus tersendiri yang tidak disebutkan dari awal.

Oleh karena itu, yang perlu Anda pertimbangkan ketika belanja online adalah produk terbaik dengan harga terbaik (sesuai standar).

 

Sudah paham bagaimana menentukan online shop terpercaya? Untuk lebih mudahnya lagi, akan lebih baik jika Anda hanya melakukan transaksi di market place besar seperti iLotte. Sebab dari market place Anda akan mendapatkan jaminan kepercayaan lebih, baik pada system pembayaran maupun kualitas produk.

(Visited 17 times, 1 visits today)

Leave a comment.

Your email address will not be published. Required fields are marked*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.