admin December 15, 2017

Memiliki hewan peliharaan bukanlah suatu hal yang sepele. Hewan yang dipelihara tentunya juga harus dirawat dengan baik agar tetap sehat dan bisa berkembang dengan sebagaimana seharusnya. Salah satu jenis hewan peliharaan yang banyak dipelihara oleh orang adalah kucing. Hewan yang satu ini dikenal lucu, lincah, dan juga manja. Merawat kucing bukan menjadi suatu hal yang mudah. Bukan sekedar diberi makan dan vitamin saja, kucing juga harus diajak bermain. Kesehatan dari si kucing juga tentunya harus diperhatikan. Salah satu cara menjaga kesehatan kucing adalah dengan memotong cakar kucing secara rutin, Cara merawat cakar kucing sebenarnya cukup mudah dan bisa dilakukan sendiri di rumah. Berikut ini adalah ulasannya.

Cara merawat cakar kucing dengan seksama

Cakar kucing merupakan bagian pada kucing yang berupa kuku. Di alam bebas, kuku kucing ini menjadi bagian dari senjata kucing selain taringnya. Para pemilik kucing pasti sering melihat bukan hewan kesayangannya ini mengasah cakar dengan pada perabotan rumah seperti meja, kursi, sofa, hingga papan kayu biasanya. Tidak jarang tingkah kucing yang satu ini malah merusak perabotan rumah kita sendiri. Untuk itu diperlukan cara merawat cakar kucing yang sederhana. Agar cakar kucing tidak terlalu tajam dan dapat melukai orang-orang di sekitarnya, maka cakar kucing juga perlu untuk dipotong secara rutin. Waktu ideal untuk pemotongan cakar kucing adalah sekitar dua minggu sekali.

Untuk memotong cakar kucing, maka ada peralatan yang perlu untuk dipersiapkan. Cakar kucing memiliki alat pemotong khusus yang berbentuk seperti gunting. Tetapi anda tidak bisa langsung memaksa kucing untuk dipotong cakarnya. Ada cara merawat cakar kucing yang tepat agar kucing masih merasa nyaman ketika harus dipotong cakarnya. Pertama, anda harus membuat kucing merasa nyaman dan tidak takut ketika akan dipotong cakarnya. Misalnya dengan membelai kucing terlebih dahulu pada bagian yang ia sukai seperti leher dan perut. Setelah kucing mulai merasa nyaman seperti ini, tekanlah bagian telapak kaki kucing sehingga cakar akan otomatis keluar dari selongsongnya.

Cara merawat cakar kucing yang selanjutnya adalah dengan melakukan pemotongan. Posisikan penggunting cakar kucing pada bagian atas. Hindari memotong dari samping karena dapat melukai posisi daging cakar milik si kucing. Mulailah memotong ujung cakar kucing. Berhati-hatilah agar tidak mengenai bagian daging. Jika kucing terlihat tidak merasa nyaman dengan mulai mengeong dan meronta-ronta, sebaiknya hentikan kegiatan memotong cakar kucing ini. Bisa-bisa kucing sendiri menjadi terluka atau malah anda yang terluka. Anda bisa melanjutkan lagi kegiatan ini pada esok harinya. Cakar kucing ini harus dibiasakan untuk dipotong sejak kucing masih kecil. Sehingga kucing tidak akan merasa ketakutan lagi ketika harus dipotong cakarnya.

Cara berikutnya yang perlu anda persiapkan ketika memotong cakar kucing adalah menyiapkan salep anti iritasi. Ini dilakukan jikalau terjadi hal yang tidak diinginkan seperti daging cakar kucing yang terpotong. Memotong cakar kucing tidak bisa menghilangkan kebiasaan kucing dalam mengasah dan mencakar perabotan dalam rumah. Untuk meminimalisir kerusakan perabotan, anda bisa mencoba untuk menyediakan papan khusus yang bisa digunakan kucing untuk mengasah kukunya. Memotong cakar kucing ini erat kaitannya dengan kesehatan dari kucing. Maka dari itu mulailah menjadwalkan hal ini secara rutin. Kalau merasa tidak berani, anda bisa memotong cakar kucing di dokter hewan atau petshop. Demikianlah sedikit informasi mengenai cara merawat cakar kucing yang benar.

(Visited 49 times, 1 visits today)

Leave a comment.

Your email address will not be published. Required fields are marked*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.