admin March 29, 2019

Saat ini, Anda memang bisa dengan mudah menemukan tempat cuci mobil di sekitar rumah atau area kerja. Namun, bila Anda ada waktu untuk membersihkan sendiri, kenapa harus menggunakan jasa cuci mobil, kan? Apalagi, sebenarnya cara mencuci mobil itu tak susah-susah amat. Namun, Anda harus melakukan dengan benar agar cat tak mengelupas. Ini dia!

  1. Gunakan Alat Khusus

Agar cat mobil tak mengelupas ketika Anda mencucinya, ada baiknya And amenggunakan cat khusus untuk cuci mobil. Misalnya saja, penggunaan serat mikro, sarung tangan khusus untuk mencuci mobil dan handuk berbulu untuk pengeringan. Sebaiknya Anda tak pakai kanebo atau spons busa untuk mencucinya. Sebab ini kurang efektif dan bisa membahayakan cat mobil.

  1. Bersihkan Dulu Seluruh Area Mobil

Sebelum Anda benar-benar mencuci mobil itu, ada baiknya bersihkan dulu seluruh area mobil. Utamakan membersih bagian bawah mobil seperti kolong, roda dan termasuk vleg mobil tersebut. Ketika mencuci ke bagian bodi mobil, hindari memercikkan air karena percikan bisa membuat tumbuh bintik-bintik air pada cat mobil atau sering disebut jamur.

Hal ini sangat disarankan terlebih bila Anda melakukan pencucian di bawah sinar matahari langsung. Percikan air yang Anda berikan akan cepat mengering dan inilah yang membuat bodi mobil dan cat lebih cepat kusam. Jika bagian bawah mobil sudah selesai, cara mencuci mobil selanjutnya adalah lanjut ke bagian atas dan bodi mobil.

Untuk bagian ini, pastikan Anda menggunakan air tanpa sampo terlebih dulu untuk membersihkannya. Namun, sebelumnya buang dulu kotoran atau debu menggunakan serat mikro atau micro fiber untuk mempermudah pengerjaan dan tak membuat cat mobil kusam.

  1. Semprotan Air yang Benar adalah Kuncinya

Kunci dari mencuci mobil agar cat tak kusam dan cepat mengelupas adalah ada pada semprotan air yang Anda lakukan. Ketika Anda menggunakan air bertekanan tinggi, baiknya miringkan semprotan air ke arah samping kiri atau kanan mobil. Jangan langsung menyemprotkan ke arah mobil.

Kenapa harus melakukan ini? Tidak langsung disemprotkan ke arah mobil tanpa dimiringkan? Selain itu menjaga cat mobil, cara ini juga efektif untuk menjatuhkan kotoran secara langsung ke tanah alias tak membuatnya menempel lagi di bagian bawahnya.

  1. Gunakan Sampo Khusus dengan Kemampuan pH Balance

Setelah semua area mobil basah, langkah selanjutnya barulah Anda bisa mencuci mobil menggunakan sampo. Pilihlah sampo khusus yang memiliki pH balance. Baiknya, hindari penggunaan sampo dengan kadar deterjen tinggi karena itu bisa membuat lapisat cat dan perlindungan mobil menjadi lebih tipis.

Penggunaan sampo dengan pH balance sangat dianjurkan untuk menghindari karat di bodi mobil dan juga menyeimbangkan zat korosif yang ada dalam air. Setelah Anda memberinya sampo, jangan terburu-buru menggosoknya dengan keras. Sebab, bila Anda melakukannya, Anda bisa menghilangkan lapisan varnish pada cat mobil.

  1. Gunakan Lap Khusus

Setelah dicuci, baiknya langsung keringkan mobil tersebut menggunakan lap khusus. Lap yang digunakan baiknya handuk yang berbulu dan memiliki material yang lembut. Jangan sekali-sekali menggunakan kanebo karena ini bisa menyebabkan terjadinya goresan di cat mobil Anda.

Nah, itulah cara mencuci mobil yang benar yang bisa Anda lakukan agar cat mobil tersebut tak mengelupas dan pudar dengan cepat. Tak terlalu susah, kan? Dengan menerapkan ini, Anda tak perlu setiap akhir minggu membawa mobil ke tempat cuci mobil. Anda juga bisa menghemat bujet untuk hal yang bisa dilakukan sendiri ini.

Leave a comment.

Your email address will not be published. Required fields are marked*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.