admin January 25, 2019

Banyaknya jenis dan model sepatu safety di pasaran, tak jarang membuat Anda kebingungan memilih, manakah yang paling tepat untuk Anda pergunakan bekerja. Alih-alih membeli sepatu safety yang nyaman, seringkali Anda malah tergiur dengan harga murah tanpa melihat bagaimana kualitasnya.

Padahal membeli sepatu safety tidak bisa asal-asalan. Karena fungsi utamanya adalah melindungi kaki dari hal-hal yang membahayakan seperti panas, zat kimia, benda tajam dan sebagainya, maka sudah seharusnya Anda mencari sepatu safety yang tepat sesuai pekerjaan Anda.

Berikut ini beberapa pekerjaan dan anjuran sepatu safety yang sesuai.

  • Pekerjaan di bidang ekspedisi dan survei lapangan

Pegawai di bidang ini selalu bergerak dan berpindah-pindah tempat. Disarankan untuk menggunakan sepatu safety model pendek tanpa tali. Sepatu low cut juga bisa digunakan bagi petugas survei lapangan karena terkesan lebih casual.

  • Pekerjaan di bidang perkebunan dan pertanian

Pekerjaan ini memerlukan sepatu safety model boot tinggi agar terlindung dari duri, benda tajam atau lumpur. Disarankan menggunakan sepatu lapangan tahan air agar lebih nyaman.

  • Pekerjaan di pabrik bahan makanan dan minuman

Umumnya pekerjaan di tempat ini minim resiko dan memiliki puluhan karyawan. Untuk itu sebaiknya menggunakan sepatu safety model casual dengan sol yang tahan licin, mengingat tempat makanan dan minuman relatif basah dan licin.

  • Pekerjaan di dapur restoran

Sebagaimana tempat makanan dan minuman, lantai dapur tentunya basah dan licin, apalagi jika terkena cipratan minyak di sana-sini. Untuk itu, Anda bisa menggunakan sepatu safety model pendek dengan sol sepatu yang tahan licin sehingga Anda bisa bergerak dengan nyaman.

  • Pekerjaan di pertambangan minyak bumi dan batu bara

Pertambangan merupakan salah satu pekerjaan dengan resiko tinggi. Karenanya sepatu safety yang digunakan pun memiliki spesifikasi khusus. Model bot setinggi 24 – 28 cm merupakan pilihan tepat untuk melindungi mata kaki hingga betis. Untuk pekerja di tambang minyak, disarankan menggunakan sepatu safety dengan sol anti selip. Sedangkan untuk pekerjaan di tambang batu bara dan bijih besi, disarankan menggunakan sol karet yang tahan benda-benda tajam.

  • Pekerjaan di proyek pengaspalan jalan

Umumnya sepatu safety yang digunakan berspesifikasi khusus, seperti tahan panas, sol terbuat dari karet serta berbahan kulit asli. Tak jarang pekerja juga memilih sepatu safety model casual tanpa tali atau memiliki resleting samping.

  • Pekerjaan di pabrik kimia atau berhubungan dengan bahan kimia

Pekerjaan ini termasuk dalam pekerjaan dengan resiko tinggi. Sepatu safety yang digunakan pun memiliki spesifikasi khusus seperti Acid Resistant atau Chemical Resistant. Model yang disarankan adalah model pendek tanpa tali sehingga tidak mudah slip.

Itulah beberapa pekerjaan dengan sepatu safety yang sesuai. Pemilihan sepatu safety sangat menentukan keselamatan dan kinerja karyawan. Karenanya, jangan asal memilih, Pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan agar memberikan rasa kenyamanan dan perlindungan maksimal.

(Visited 16 times, 1 visits today)

Leave a comment.

Your email address will not be published. Required fields are marked*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.