admin June 27, 2018

KTA telah menjadi produk perbankan yang menarik perhatian banyak orang, selain karena kemudahannya yang tidak “memaksa” calon nasabah untuk menjaminkan aset mereka ke bank, KTA juga dilirik karena kemudahan administrasinya, limit yang tinggi serta bunga yang bersaing. Namun acapkali KTA tidak dianggap pilihan yang bearable karena satu dan lain hal, namun alasan utamanya orang tidak memilih KTA adalah karena mereka tidak mengerti persayaratannya dan merasa tidak begitu yakin dengan produk perbankan ini.

Kredit tanpa agunan memiliki berbagai fungsi yang fleksibel yang akan panjang jika dijelaskan satu persatu, dari dana konsumtif untul liburan hingga dana darurat dan renovasi, anda dapat menggunakan KTA sesuai kebutuhan anda. Seperti yang telah kami sebutkan tadi, kemudahan administrasi juga menjadi alasan banyak orang untuk memilih KTA, lantas apa-apa saja langkah yang harus dilakukan untuk dapat memenuhi persayaratan untuk KTA?

Pada dasarnya, persyaratan umun yang diminta oleh Bank untuk syarat pengajuan Kredit Tanpa Agunan adalah:

  1. Warga Negara Indonesia
  2. Berumur 21 Hingga 60 Tahun
  3. Memiliki Penghasilan Bulanan yang Sesuai dengan Ketentuan Masing-Masing Bank.

Sedangkatn untuk persyaratan dokumen, setiap bank memiliki requirement mereka masing-masing namun ada lima hingga enam surat yang kemungkinan akan diminta oleh bank saat pengajuan KTA, beberapa diantaranya adalah:

  1. Fotokopi KTP atau Paspor (KITAS)
  2. Fotokopi NPWP
  3. Fotokopi Slip Gaji atau SKP/SPT
  4. Fotokopi Rekening Tabungan 3 Bulan Terakhir
  5. Fotokopi Kartu Kredit
  6. Fotokopi SIUP/SITU & Akta Pendirian Perusahaan.

Beberapa kebutuhan persayaratan dokumen diatas hanya perlu anda penuhi jika anda berprofesi sebagai wirasusahawan atau professional lepas. Namun tetap saja hal paling penting sebelum sampai ke tahap ini adalah riset mengenai bank yang anda pilih. Saat ini ada banyak bank yang menawarkan Kredit tanpa Agunan, dan anda harus memilih yang terbaik dan paling menguntungkan untuk anda. Fitur-fitur produk seperti lokasi payroll anda, tingkat bunga, tenor juga harus diperhatikan sebelum memilih untuk melengkapi berkas dan melakukan pengajuan.

Setelah pengajuan, bank akan memeriksa kelengkapan berkas-berkas anda, dan tenang, setiap bank memiliki waktu rentang yang berbeda antara tiga hinga empat belas hari waktu kerja. Selanjutnya datang tahap verifikasi yang akan dilakukan oleh pihak bank, jadi tidak ada salahnya untuk memberitahukan keluarga yang tinggal di rumah dan orang-orang yang berkepentingan di kantor tentang keputusan anda untuk mengajukan permintaan kredit tanpa agunan.

Setelah menyelesaikan semua tahap ini, anda hanya perlu menunggu sembari dikabari oleh pihak bank tentang kredit anda. Perlu diingat bahwa inti dari pengajuan kredit tanpa agunan biasanya ada dua variable, yang pertama adalah history kredit anda dan yang kedua jumlah penghasila calon nasabah. Jika keduanya telah terpenuhi biasanya proses ini tidak akan memakan waktu lama.

Bila tak ingin repot, Anda bisa ajukan KTA online di Cekaja.com.

(Visited 52 times, 1 visits today)

Leave a comment.

Your email address will not be published. Required fields are marked*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.