admin October 17, 2020

Mobil saat ini menjadi barang yang termasuk dalam kategori kebutuhan. Mobil tidak hanya digunakan sebagai alat transportasi pribadi, tetapi juga bisa diberdayakan menjadi modal untuk alat transportasi berbasis daring. Karena kebutuhan tersebut, Anda tidak perlu membeli mobil baru jika akan membeli mobil. Anda bisa membeli mobil bekas, salah satunya adalah mobil Toyota dengan kredit mobil Toyota.  

Beberapa Cara Memilih Mobil Bekas

Mobil bekas tentu memiliki kondisi yang berbeda dengan mobil baru. Seorang calon pembeli awalnya tentu tidak mengetahui apa saja yang telah dilalui oleh mobil tersebut. Maka dari itu, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat memutuskan untuk membeli mobil bekas, yaitu antara lain:

1.     Ke Bursa Mobil Bekas Terpercaya

Membeli mobil bekas lebih baik mendatangi tempat mobil tersebut secara langsung. Meskipun iklan yang Anda baca berada di e-commerce atau melalui media sosial, Anda sebaiknya menyempatkan ke tempat mobil tersebut.

Selain itu, Anda bisa memilih bursa mobil bekas atau tempat penjualan mobil bekas yang sudah terpercaya reputasinya. Bursa maupun tempat jual beli mobil bekas memberikan tawaran jenis mobil yang lebih banyak dan dapat Anda lihat sendiri secara langsung

2.     Selalu Cek Body Mobil

Ketika Anda melihat kondisi mobil bekas, telitilah dalam mengecek body mobil. Mulailah dari kaca spion, bemper, kondisi pintu dan tak lupa pada bagian dalam mobil. Teliti pula bagian-bagian dalam mobil dan tidak perlu ragu untuk membuka bagian-bagian mobil saat melakukan pengecekan.

3.     Menanyakan Kondisi Secara Detail

Pada saat mengecek kondisi body mobil, Anda sebaiknya juga menanyakan hal secara detail. Terutama apabila Anda menemukan beberapa bekas perbaikan cat atau ada penggantian komponen pada mobil. Anda juga bisa menanyakan apakah mobil tersebut sering terkena banjir atau tidak. Tanyakan pula jarak dan sudah ke mana saja mobil tersebut digunakan.

4.     Mengecek Kondisi Mesin

Salah satu hal yang penting dalam melihat kondisi mobil bekas adalah melakukan pengecekan pada mesin, terutama jika ada kebocoran dalam mesin. Mintalah pada pemilik mobil atau pada petugas di bursa mobil untuk menyalakan mesin. Anda bisa menanyakan apa saja yang dilakukan oleh pemilik sebelumnya dalam perawatan mesin mobilnya.

Setelah melihat mesin, mungkin Anda tertarik untuk membelinya langsung. Anda bisa menggunakan kredit mobil Toyota untuk membeli mobil bekas Toyota.

5.     Lihat Catatan Servisnya

Memastikan catatan servis mobil juga sama pentingnya dengan pengecekan mesin. Anda bisa menanyakan mengenai seberapa sering mobil tersebut diservis dan juga apa saja servis yang diterima oleh mobil tersebut.

Selain catatan servis, Anda juga perlu menanyakan apa saja komponen yang pernah diganti dan juga kondisi ban serta ketersediaan cadangan ban. Melihat catatan servis akan membuat Anda mengerti usaha pemilik mobil sebelumnya merawat mobil bekas tersebut. Dengan demikian, Anda bisa memastikan mengenai kualitas mesin pada mobil tersebut.

6.     Memastikan Kelengkapan Surat

Hal yang tidak kalah penting lain adalah memastikan mengenai kelengkapan dokumentasi dan surat-surat yang ada pada mobil tersebut. Pastikan juga rangka motornya, nomor mesin, keaslian buku pemilikan kendaraan bermotor (BPKB) dengan surat tanda nomor kendaraan (STNK). Cek juga kapan terakhir pemilik mobil membayar pajak kendaraan dari mobil tersebut. Pengecekan ini merupakan cara untuk menghindari penjualan mobil bekas kasus pencurian.

7.     Membawa Ahli Mekanik Apabila Perlu

Anda bisa membawa ahli mekanik ke tempat penjualan mobil bekas, bursa mobil bekas, atau ke tempat pemilik mobil langsung. Dengan membawa ahli mengenai mobil, Anda tentu akan lebih memahami kondisi mobil karena mekanik tersebut memahami seluk beluk mobil bekas tersebut.

  1. Melakukan Tes Drive

Setelah memilih mobil dan tampak yakin dengan pilihan Anda, langkah selanjutnya adalah melakukan uji coba mengemudi atau tes drive. Dengan uji coba ini, Anda bisa mencoba sendiri mobil yang akan Anda beli.

9.     Tidak Perlu Terburu-Buru

Dalam memilih dan membeli mobil bekas, sebaiknya Anda tidak terlalu terburu-buru. Bandingan beberapa mobil dengan menyesuaikan budget yang Anda miliki. Setelah itu, pertimbangkan mobil setelah melakukan tes drive atau mengikuti pendapat ahli mekanik mobil.

Membeli mobil bekas harus penuh pertimbangan dan teliti. Untuk membeli mobil bekas Toyota, Anda bisa menggunakan kredit mobil Toyota agar pembayaran lebih mudah.

Leave a comment.

Your email address will not be published. Required fields are marked*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.