admin December 17, 2019

Jika Anda memiliki bisnis dan memasarkannya dengan cara daring, maka menggunakan search engine optimization atau SEO adalah pilihan yang tepat untuk pemasaran. Pasalnya, ia bisa membuat pengunjung website Anda meningkat sehingga pemasaran jadi lebih efektif. Namun, untuk dapatkan hal itu, Anda harus lakukan optimasi lebih dulu. Ini dia caranya!

  1. Riset Kata Kunci

Hal pertama yang bisa Anda lakukan untuk optimasi SEO adalah dengan meriset kata kunci artikel lebih dulu. Anda bisa riset menggunakan Google Adwords: Keyword Tools yang merupakan salah satu layanan mencari kata kunci gratis yang disediakan oleh Google. Dengan ini, Anda bisa menemukan kata kunci yang tepat untuk memudahkan pencarian.

  1. Gunakan Domain Berisi Kata Kunci

Cara selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah menggunakan domain yang memiliki kata kunci. Keywords on domain ini akan membantu mesin pencari mengetahui fokus website Anda. Meski sebenarnya hal ini bukan sebuah keharusan, namun tak ada salahnya Anda menggunakannya untuk optimasi.

Pada intinya, sebenarnya ini tidaklah berbahaya untuk website meskipun ada beberapa yang berpendapat adanya keyword on domain tidak baik. Keyword on domain menjadi tidak baik bila mana situs Anda adalah situs SPAM, bukan situs komersial.

  1. Gunakan Platform yang Tepat

Langkah selanjutnya untuk optimasi search engine optimization adalah dengan gunakan platform yang tepat. Hal ini perlu bila Anda ingin membuat situs yang user dan Google friendly. Pada platform website Anda, Anda bisa menginstal berbagai plugins yang bisa membantu kegiatan SEO dan membantu tampilan situs menjadi lebih baik/

  1. Gunakan Permalinks

Anda juga bisa menggunakan permalinks untuk optimasi SEO website. Hanya saja, Anda wajib memastikan bahwa permalink di postingan tersebut adalah yang baik. Sebab, ini akan sangat membantu kegiatan SEO Anda. Anda bisa mengubah pengaturan pada permalinks di website Anda lebih dulu.

  1. Plugins SEO

Salah satu platform yang bisa Anda gunakan untuk SEO ini adalah WordPress. Nah, kelebihan dari WordPress ini adalah ia bisa menginstal plugins pendukung yang bisa membantu SEO situs Anda. Ada banyak plugins dari WordPress yang bisa Anda gunakan. Misalnya saja Yoast WP SEO, All In One SEO Pack, Google XML Sitemaps dan lainnya.

  1. Konten yang Berkualitas

Jangan lupa, Anda juga harus menampilkan konten yang berkualitas pada website Anda. Konten yang berkualitas ini memang masih jadi perdebatan. Ada yang mengatakan bahwa artikelnya minimal 500 kata, ada juga yang mengatakan bahwa 700 kata.

Faktanya, ini sebenarnya tak masalah selama konten tersebut merupakan konten original. Anda bisa membuat konten untuk pembaca yang original dan menarik untuk pembaca lebih dulu. Tentunya, ada baiknya Anda juga memastikan bahwa konten tersebut bermanfaat bagi pembaca dan pengunjung website Anda.

  1. Bangun Backlinks

Algoritma dari SEO memang selalu berubah dari waktu ke waktu. Namun, tak akan pernah berubah dalam backlinks-nya. Oleh sebab itu, backlinks ini sangat penting untuk dibangun. Pastikan backlink yang Anda bangun merupakan backlink berkualitas dan bisa dilakukan secara terus-menerus dan bertahap. Anda bisa gunakan waktu senggak untuk lakukannya.

Nah, itulah beberapa langkah sederhana yang bisa Anda lakukan untuk optimasi SEO atau search engine optimization. Anda wajib menerapkan semua bila mau dapat perhatian dari mesin pencari terutama Google. Bilamana Anda tak bisa melakukannya sendiri, tak ada salahnya Anda menyewa jasa webmaster yang mengerti tentang SEO untuk membantu.

Leave a comment.

Your email address will not be published. Required fields are marked*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.