admin March 26, 2019

Apa Anda pernah merasa bahwa kopi yang diracik sendiri di rumah tak seenak dan senikmat kopi yang dibeli di kedai kopi? Bahkan terkadang bisa saja perbedaan cita rasa tersebut disebabkan karena beberapa hal sederhana yang tak terduga. Ingin membuat kopi tubruk yang enak dan lezat? Nah berikut beberapa poin penting yang perlu Anda perhatikan.

  1. Air yang Digunakan

Perlu untuk diingat bahwa 98% dari kopi yang Anda minum itu terdiri dari air. Artinya air memiliki peranan yang cukup penting untuk mempengaruhi rasa kopi nantinya. Ada baiknya Anda menggunakan air yang segar, tidak berbau logam, bebas dari bau tengik, bebas dari obat-obatan pemutih dan mengandung mineral yang akan bereaksi dengan kopi saat diseduh.

Tak hanya masalah air saja, ternyata suhu air juga perlu untuk Anda pertimbangkan. Suhu air yang paling tepat untuk menyeduh kopi adalah antara 90 hingga 96 derajat celcius. Pasalnya dalam kisaran suhu ini kopi akan dapat tereksak dengan sempurna sehingga mampu membuat rasa kopi muncul. Pastikan menunggu 1 menit setelah air mendidih untuk menurunkan suhu.

  1. Proporsi Bahan Dasar Pembuatan Kopi

Tentunya Anda pernah memasukkan kopi dengan takaran terlalu banyak atau terlalu sedikit ke dalam gelas. Namun tahukan Anda bahwa hal ini dapat menyebabkan rasa yang muncul menjadi kurang sempurna. Terlalu sedikit kopi ternyata dapat mengurangi rasa pahit. Begitu pula sebaliknya, semakin banyak kopi membuat bubuknya tidak terekskresi dengan sempurna.

Untuk itu proporsi perbandingan antara kopi dan air juga patut untuk Anda perhatikan. Terlebih lagi hal ini akan mempengaruhi kopi untuk mengeluarkan rasa dengan maksimal sehingga aroma dan rasanya semakin kaya. Demi membuat kopi tubruk yang enak dan lezat perbandingan yang tepat adalah 2 sendok makan bubuk kopi (10 gram) dan 180 ml air.

  1. Ukuran Serbuk Bubuk Kopi

Hal selanjutnya yang dapat mempengaruhi cita rasa kopi itu sendiri adalah ukuran serbuk bubuk kopi. Ukuran ini tentu cenderung berbeda-beda sesuai dengan proses menyeduh yang diinginkan. Pada umumnya jika akan diolah dengan metode press maka bubuknya sedikit kasar. Namun jika diolah dengan cara pour over atau flat bottom drip bubuknya sedikit halus.

Tak hanya itu saja, ternyata ukuran sebuk kopi ini juga ikut menentukan berapa lama dan berapa banyak kopi dan air yang berekreasi demi memunculkan rasa yang lebih nikmat. Jika bubuk kopi yang digunakan terlalu halus maka rasa yang dihasilkan akan semakin pahit. Namun jika bubuk terlalu kasar akan membuat kopi kurang berasa dab kurang terekstrak.

  1. Kesegaran Kopi

Tentu Anda pernah menemukan bahwa kopi yang disimpan terlalu lama tentu akan kehilangan aroma setelah beberapa saat. Ternyata kopi yang sudah tidak segar ini juga akan membuat rasa kopi menjadi kurang nikmat. Untuk itu demi menjaga kesegarannya, simpan kopi pada wadah kedap udara dalam suhu ruangan. Hindari kopi dari cahaya, oksigen, kelembapan dan panas.

Selain itu, ada baiknya Anda menyimpan kopi dalam bentuk biji untuk menjaga kesegarannya. Jika kopi sudah dibuka dari wadahnya, maka sebaiknya habiskan kopi tersebut dalam waktu paling lama 7 hari. Selian itu, rasa kopi juga akan cepat berubah karena faktor tertentu. Untuk itu jangan letakkan kopi yang sudah diseduh pada tempat yang terpapar panas secara langsung.

Itulah hal yang perlu diperhatikan ketika hendak menyeduh kopi tubruk. Selian beberapa hal di atas, perlu untuk Anda perhatikan bahwa rasa kopi juga dipengaruhi oleh jenis biji kopi itu sendiri. Dengan mengunjungi https://www.mldsport.com/food/7-cara-membuat-kopi-tubruk-yang-benar-ala-barista Anda bisa mengetahui cara menyeduh kopi tubruk dengan benar.

Leave a comment.

Your email address will not be published. Required fields are marked*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.