admin February 27, 2020

Pertanyaan mengenai bagaimana cara memilih asuransi syariah  seringkali dilontarkan oleh kaum muslim  yang mulai tertarik ingin memiliki asuransi namun tanpa ingin ada unsur haram di dalamnya. Ya, pada kenyataannya, dalam dunia asuransi saat ini ada 2 jenis asuransi yang bisa dipilih yaitu asuransi konvensional dan asuransi syariah. Belakangan, asuransi syariah semakin diminati seiring meningkatknya kesadaran umat islam akan berbagai asepk hidup yang harus berlandaskan nilai agama. Oleh karena itu, kami hadirkan ulasan singkat bagaimana cara memilih asuransi syariah khusus untuk anda yang baru pertama kali ingin memiliki asuransi jenis ini.

1.      Pastikan Terpercaya

Hal pertama dan utama yang perlu diperhatikan saat ingin memilih asuransi syariah adalah memastikan perusahaan penyedia layanan asuransi adalah pihak yang terpercaya serta memiliki track record yang bagus. Pilihlah perusahaan asuransi yang sudah terdaftar dan terbukti diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Bisa juga dengan mencari informasi terlebih dahulu, meminta saran atau pendapat teman serta orang berpengalaman dalam bidang asuransi.

2.      Pilih Produk Sesuai Kebutuhan

Anda mungkin saja dihadapkan pada banyaknya pilihan produk asuransi syariah dan hal ini bisa saja membuat anda bingung dalam menentukan pilihan. Ingin memilih produk yang mana? Dalam menentukan produk asuransi syariah yang tepat, anda bisa melihat dari kebutuhan. Ketahui apa yang menjadi kebutuhan anda, apakah anda membutuhkan jaminan untuk kesehatan sehingga asuransi kesehatan syariah bisa jadi pilihan yang tepat untuk anda gunakan.

3.      Telah Berada Dibawah Dewan Pengawas Syariah

Karena asuransi yang anda inginkan dalam bentuk syariah, maka sudah seharusnya harus berada di bawah naungan atau pengawasan Dewan Pengawas Syariah. Hal ini penting dipastikan sejak awal untuk memantapkan anda dalam menggunakan asuransi syariah yang sesuai dengan ketentuan kaidah islam. Jika sudah sesuai kaidah, anda sebagai seorang muslim dan pengguna asuransi pastinya bisa jadi lebih tenang dan nyaman.

4.      Tentukan Premi

Setiap perusahaan asuransi syariah, memiliki premi yang berbeda-beda, bahkan dalam satu perusahaana asuransi, bisa jadi terdapat besaran jumlah premi yang beragam. Hal ini dilakukan agar pengguna asuransi dapat memilih premi yang sesuai dengan kemampuan. Agar tidak menjadi beban, pastikan untuk memilih premi yang sesuai dengan gaji, setidaknya jangan sampai melebihi pendapatan anda setiap bulan.

Leave a comment.

Your email address will not be published. Required fields are marked*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.