admin December 16, 2019

Salah satu dokumen penting yang wajib dimiliki terutama ketika berencana untuk melamar pekerjaan maupun sebagai syarat untuk masuk ke instansi tertentu tentunya adalah Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK). Dokumen ini dapat kita peroleh dengan mengunjungi Polsek atau Polres terdekat di daerah kita ataupun tergantung dari persyaratan yang harus kita penuhi. Maksudnya adalah untuk sekedar melamar ke perusahaan SKCK dari Polsek saja sudah cukup namun untuk melamar ke perusahaan atau instansi yang lebih besar biasanya memerlukan dokumen SKCK yang dikeluarkan oleh Polres di daerah Anda tinggal.

Sebenarnya baik proses pembuatan SKCK di Polsek maupun Polres tidak jauh berbeda. Untuk dapat memperoleh dokumen ini ada baiknya Anda pergi cukup pagi sekitar pukul 08.00 dengan membawa syarat pembuatan SKCK yang lengkap agar tidak mengantri terlalu panjang. Adapun dokumen persyaratan pembuatan SKCK tersebut adalah sebagai berikut :

  1. Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP). Untuk membuat SKCK kita membutuhkan 2 lembar fotokopi KTP atau E-KTP.
  2. Fotokopi Kartu Keluarga (KK) sebanyak 1 lembar.
  3. Fotokopi Akta Kelahiran sebanyak 1 lembar.
  4. Fotokopi ijazah terakhir
  5. Pas foto ukuran 4×6 dengan background merah. Pastikan Anda memakai pas foto terbaru Anda dan banyaknya foto yang harus disiapkan adalah 6 lembar. 
  6. Surat Pengantar dari Desa
  7. Anda juga harus menyiapkan uang sebesar Rp. 30.000 untuk biaya pembuatan SKCK.

Demikian tadi merupakan syarat pembuatan SKCK yang ternyata cukup mudah untuk dilakukan. Selanjutnya kita akan membahas mengenai biaya yang dibutuhkan untuk mutasi kendaraan terutama sepeda motor.

Mutasi sendiri merupakan hal yang sangat penting saat kita berniat untuk memindahkan lokasi dari motor kita dan sekaligus untuk memindahkan lokasi pembayaran pajaknya baik antar kabupaten maupun provinsi yang ada di Indonesia. Banyak orang yang menganggap proses mutasi ini rumit sehingga memilih untuk menggunakan biro jasa. Padahal jika kita mengikuti semua alurnya dengan benar dan meklengkapi semua persyaratan yang dibutuhkan proses mutasi ini cukup mudah dengan biaya yang juga tidak terlalu mahal. Bagi Anda yang berniat untuk melakukan biaya mutasi motor berikut kelengkapan yang harus dipersiapkan :

  1. STNK asli dan fotokopinya
  2. BPKB asli dan fotokopinya
  3. KTP pemilik yang baru dan fotokopinya
  4. Kuitansi pembelian motor bermaterai 6000 dan fotokopinya

Jika persyaratannya telah lengkap Anda bisa langsung datang ke samsat daerah motor asal dan langsung melakukan cek fisik (biaya Rp. 30.000), menuju loket pelayanan mutasi kendaraan (biaya Rp. 75.000), dan terakhir mengambil berkas yang sudah jadi (Rp. 10.000). Sehingga total biaya yang dibutuhkan untuk melakukan mutasi motor hanya Rp. 115.000 saja dan selanjutnya Anda harus menuju samsat di daerah tujuan untuk mengurus STNK dan BPKB yang baru. Cukup mudah bukan!

Leave a comment.

Your email address will not be published. Required fields are marked*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.