admin April 19, 2018

Berita lifestyle saat ini sudah beragam, termasuk bagaimana gaya hidup orang Jepang yang memang terkenal dengan pola hidup sehatnya. Sudah menjadi rahasia umum bahwa orang Jepang rata-rata panjang umur dan mereka masih produktif dalam usia senjanya. Apa rahasianya? Rupanya mereka sudah terbiasa dengan gaya hidup sehatnya berikut ini.

  • Rutin Mengonsumsi Seafood

Jepang terkenal dengan hasil lautnya yang melimpah, yaitu berupa seafood yang sangat bernutrisi bagi tubuh. Kebutuhan gizi dapat terpenuhi dengan mengonsumsi beragam seafood, seperti ikan, lobster, udang, dll. Pertumbuhan dan perkembangan anak hingga remaja bisa berjalan optimal. Orang dewasa dan lansia juga makin sehat.

  • Mengonsumsi Teh Hijau sebagai Antioksidan

Jepang terkenal dengan produksi teh hijaunya yang diolah menjadi berbagai jenis produk. Mereka akan mengonsumsi teh hijau yang kaya antioksidan ini dalam bentuk teh tradisional yang diseduh, teh botol, sampai produk es krim.

Saat pagi atau sore hari, umumnya masyarakat Jepang menyeduh teh hijau ini sebagai penghangat tubuh. Sejak zaman dahulu, Jepang memang sudah terkenal dengan tradisi minum teh. Kandungan antioksidan dalam teh hijau yang tinggi ini mampu menangkal radikal bebas.

  • Makan Sesuai Porsi dan Teratur

Orang Jepang menganut prinsip makan dengan 80% kenyang. Ini berarti bahwa mereka akan makan sesuai porsi dan tidak berlebihan karena bisa menyebabkan obesitas. Jadwal makannya juga teratur sebanyak tiga kali sehari dan tepat waktu karena memang Jepang punya budaya disiplin yang tinggi.

  • Mandi dengan Berendam

Cara mandi orang Jepang juga berbeda. pada umumnya, orang Jepang punya kebiasaan mandi dengan berendam dan diusahakan di air hangat atau sumber mata air alami. Mengapa demikian? berendam akan menurunkan dan menghilangkan stres. Air hangat atau mata air alami juga mengandung zat yang baik untuk kesehatan.

  • Rutin Berolahraga

Berolahraga secara rutin adalah kebiasaan yang dianut orang Jepang untuk menjaga kebugaran tubuhnya. Mereka tak bosan untuk berolahraga dengan beragam cara, seperti lari pagi, jalan santai, senam, yoga, dsb. Bahkan, mereka lebih sering bersepeda atau berjalan kaki untuk menuju suatu tempat dibandingkan naik kendaraan pribadi.

  • Menjalankan Kegiatan Produktif

Kegiatan produktif pasti dilakukan mulai dari anak-anak, remaja, dewasa, hingga lansia. Mereka mempunyai prinsip dan semangat hidup yang tinggi. Hidup harus diisi dengan sesuatu yang positif, sehingga daya pikir dan kreativitas terus berkembang karena selalu didayagunakan.

Itulah kebiasaan orang Jepang yang menjadi rahasia di balik panjang umurnya. Gaya hidup sehat orang Jepang yang sudah dirangkum dalam berita lifestyle ini sangatlah menginspirasi. Karena kebiasaannya itu, orang Jepang mampu beraktivitas optimal, mulai dari belajar, bekerja, dll. Anda bisa menerapkan gaya hidup sehat ala Jepang agar aktif dan sehat selalu.

(Visited 17 times, 1 visits today)

Leave a comment.

Your email address will not be published. Required fields are marked*