admin October 20, 2017

Investasi adalah langkah tepat dalam mempersiapkan keuangan di masa depan. Hal ini lantaran investasi bisa dijadikan tabungan masa depan yang akan sangat menguntungkan jika dibandingkan dengan tabungan biasa. Instrumen investasi pun kini sangat beragam mulai dari emas, tanah, bangunan hingga yang banyak dibicarakan saat ini adalah reksadana. Tentunya semua mempromosikan reksadana terbaik bagi calon investor sehingga banyak yang tertarik. Namun benarkah ada reksadana yang tanpa resiko?

Pemikiran jika ada reksadana yang tanpa resiko tentu salah besar karena setiap keputusan pasti ada konsekuensi dan resikonya, begitu juga ketika berinvestasi reksadana. Sebaik apapun reksadana, pastilah tetap ada ketidakpastian yang mengiringi sehingga bisa jadi resiko. Meminimalisir resiko mungkin dilakukan, namun menghilangkan resiko menjadi hal yang lain lagi. Berikut ini beberapa resiko umum pada reksadana:

  1. Keuntungan tidak dijamin

Mungkin resiko yang pertama cukup menakutkan, namun memang tidak ada yang bisa memberikan jaminan jika investor pasti akan bisa mendapat pembagian dividen, keuntungan atau kenaikan pada modal investasi.

  • Resiko pasar modal

Setiap adanya pembelian efek, maka pasti akan ada unsur resiko juga di dalamnya. Reksadana pun juga rentan akan resiko demikian yang biasanya diakibatkan dari perkembangan ekonomi nasional dan global, kebijakan pemerintah, isu hukum, pergerakan suku bunga hingga sentimen investor luas dan guncangan eksternal.

  • Resiko efek

Setiap efek memberikan banyak sekali kemungkinan resiko misalnya saja kemungkinan default dari perusahaan penerbit hingga implikasi peringkat kredit.

  • Resiko likuiditas

Untuk resiko likuiditas ini adalah dari segi seberapa mudah efek ini bisa dijual atau mendekati dari nilai wajar bergantung volume perdagangan bursa.

  • Resiko inflasi

Untuk resiko yang satu ini adalah potensi kerugian pada daya beli investasi karena terjadinya kenaikan rata-rata harga konsumsinya.

Itulah beberapa resiko umum yang muncul ketika Anda memutuskan untuk terjun pada investasi saham dan reksadana. Reksadana terbaik memang banyak, namun bukan berarti tanpa resiko. Untuk meminimalisir resiko, Anda bisa menyerahkannya pada Trimegah Sekuritas yang sudah berpengalaman untuk mengatur reksadana sehingga bisa dipercaya kinerjanya.

 

Leave a comment.

Your email address will not be published. Required fields are marked*