admin October 30, 2017

Investasi merupakan salah satu bentuk mencari keuntungan dalam jangka waktu yang panjang ataupun jangka waktu pendek. Sekarang ini banyak sekali jenis investasi yang dapat dilakukan salah satunya melalui investasi reksa dana  yang menguntungkan. Kalau berbicara menguntungkan tentunya semua investasi menguntungkan, namun jika semuanya dilakukan dengan trik dan juga strategi yang tepat. Bahkan tidak sedikit pula yang mengalami kerugian akibat kurangnya pemahaman, pengetahuan ataupun strategi yang digunakan. Maka dari itu sebelum akhirnya Anda mengikuti para investor yang terdahulu untuk berinvestasi lebih baik pelajari terlebih dahulu dasar-dasarnya.

Sebelumnya memulai reksadana itu yang terpenting adalah menyeimbangkan antara tujuan keuangan dengan jenis instrument yang akan dijadikan sebagai pilihan. Sebelumnya reksadana sendiri terbagi menjadi beberapa jenis dan juga beberapa perbedaan instrument yang digunakan, antara lain:

 

  • Reksadana saham.

Pertama ada jenis investasi yang mempunyai keuntungan paling tinggi diantara jenis lainnya, Namun disamping itu tentunya juga mempunyai resiko yang paling besar. Didalam investasi reksadana Anda harus menentukan manajer atau sering disebut sebagai broker yang nantinya akan membackup semua pekerjaan. Jadi disini manajer akan menempatkan sejumlah dana dari beberapa investor kedalam investasi saham.

 

  • Reksadana campuran.

Selanjutnya investasi ini menawarkan kombinasi dalam berbagai jenis instrument, umumnya yang sering dijadikan sebagai pilihan utama yaitu investasi saham kemudian sisanya digunakan untuk jenis lainnya seperti obligasi. Keuntungan yang bisa didapatkan dalam jenis ini memang tidak lebih tinggi dari jenis saham, tetapi kemungkinan resiko buruknya lebih rendah.

 

  • Reksadana pendapatan tetap.

Seperti namanya dalam jenis ini berarti tujuan utamanya mendapatkan keuntungan secara tetap, makanya dapat dikatakan keuntungan yang bisa didapatkan dari jenis reksa dana ini tidak lebih dari kedua jenis sebelumnya. Dan untuk tingkat resiko yang bisa didapatkan tentunya lebih kecil dari jenis sebelumnya.

 

  • Reksadana pasar modal.

Dapat dikatakan jenis ini paling cocok untuk dipilih oleh investor pemula, karena seperti yang diketahui bahwa jenis ini mempunyai tingkat resiko yang lebih rendah atau relative kecil dari pada jenis-jenis sebelumnya.

 

Nah, itulah keempat jenis reksadana yang ada dan dapat Anda tentukan sendiri mana yang lebih tepat dan juga lebih cocok. Semakin majunya perkembangan jaman semakin maju juga teknologi yang digunakan dan tidak terkecuali oleh teknologi yang digunakan dalam sebuah bisnis seperti adanya situs jual beli online saham atau lainnya. Namun, hal itu tidak bisa menjadi patokan seseorang mampu mengerjakan secara tepat sehingga memperoleh keuntungan yang maksimal. Berikut ini ada beberapa jenis kesalahan yang sering dilakukan dan wajib untuk dihindari, antara lain:

  1. Belum menentukan tujuan keuangan dari awal yang mengakibatkan kesalahan, karena penting dari awal memahami terlebih dahulu apa tujuan dari memulai bisnis tersebut.
  2. Tidak dapat menentukan jenis reksadana yang tepat, karena dalam pemilihan ini erat kaitannya dengan tujuan yang perlu ditentukan sedari awal.
  3. Melakukan investasi melalui penyedia jasa jual beli online yang memberikan tawaran bisnis menarik, hal ini perlu dihindari lebih baiknya Anda langsung membeli melalui manajer investasi.
  4. Tidak dapat memanfaatkan situs jual beli online, karena dengan hal itu Anda bisa memantau seberapa jauh pergerakan ataupun hal lainnya secara mudah, cepat dan juga praktis.
  5. Tidak memahami secara jelas apa itu reksa dana, cara kerjanya, resikonya, keuntungan atau hal lainnya mengenai jenis investasi ini. Hal ini dapat dikatakan kesalahan yang paling fatal, secara logika orang melakukan investasi harus mencari informasi terlebih dahulu.

Leave a comment.

Your email address will not be published. Required fields are marked*