admin August 16, 2017

Ada banyak alasan yang mendasari seseorang kemudian mengambil solusi kredit perumahan. Karena memang ada banyak lembaga keuangan yang menawarkan kemudahan dalam KPR. Selain dibantu oleh sales dari bank tersebut, syarat-syaratnya pun tergolong mudah. Namun demikian tetap saja anda perlu mempertimbangkan baik-baik sebelum mengambil KPR sebagai solusi mendapatkan rumah dijual di Jakarta Selatan untuk diri sendiri dan keluarga. Berikut ialah hal yang perlu anda pertimbangkan :

Cash flow

Pihak bank dalam menentukan kebijakannya selalu dengan dasar pertimbangan yang kuat dan firm. Bank tidak akan asal mengabulkan permohonan KPR. Formulasi umumnya adalah besaran angsuran per bulan maksimal 30 persen dari total penghasilan. Hal ini didasarkan atas pertimbangan bahwa cash flow atau aliran uang keluar-masuk kita lancar. Sebagai contoh, Anda berencana mengambil KPR dengan angsuran sekitar Rp 4 jutaan berdasarkan simulasi bank.

Padahal gaji Anda hanyaRp 6 juta, maka Besar kemungkinan pengajuan itu ditolak oleh bank. Lantaran acuan bank memberikan persutujuan adalah 30 persen. Dan anda telah melampaui limit itu. Dengan penghasilan tersisaRp 2 juta saja setelah dipotong angsuran, maka Bank khawatir kita tidak bisa lancar mengatur keuangan. Akibatnya bisaberdampak seretnya angsuran.

Syariah atau konvensional

Baik bank syariah maupun konvensional punya produk KPR. Namun ada perbedaan dalam pelaksanaan kredit pemilikan rumah ini. Perbedaan utama kedua tipe bank ini ialah pada pemberlakuan bunga pada cicilan. KPR rumah dijual di Jakarta Selatan bank konvensional diterapkan bunga fixed selama 2 tahun cicilan, lalu floating hingga lunas.

Bunga fixed bersifat tetap

Sehingga dalam jangka waktu dua tahunan da tidak perlu khawatir tentang adanya perubahan bunga. Setelahnya akan dikenakan bunga floating.  Jadi, ketika suku bunga acuan melonjak, bunga floating pun bisa ikut naik. Tapi, sebaliknya, bunga KPR dapat turun mengikuti suku bunga acuan.

Kemudian KPR syariah tidak menerapkan bunga melainkan margin yang dihitung dari harga rumah ditambah keuntungan bagi bank sekitar 15-20 persen. Konsepnya sama dengan bunga yang fixed. Hal itu berarti jumlah cicilan tidak akan berubah hingga rumah lunas.

Perhatikan kinerja developer dan timnya

Mau tidak mau developer mempengaruhi pengambilan KPR bagi Anda. Oleh karena itu, pilih developer yang mempunyai rekam jejak bagus bagi konsumen maupun di mata bank. Soal ini, Ada bisa meminta saran dari teman atau orang-orang yang sudah berpengalaman dalam mengambil KPR rumah dijual di Jakarta Selatan.

(Visited 1 times, 1 visits today)

Leave a comment.

Your email address will not be published. Required fields are marked*