admin April 15, 2020

Aplikasi keuangan memiliki peran yang amat penting untuk mengelola keuangan dalam berbagai aspek kehidupan. Banyak pihak baik berupa perusahaan, organisasi, maupun pengusaha yang kerap gagal menjalankan bisnisnya hanya karena tidak mampu memanajemen. Namun, keterbatasan pengetahuan bukan lagi menjadi penghalang untuk tidak melakukan perbaikan pada sistem keuangan yang dijalankan. Telah banyak aplikasi pengelolaan kas atau keuangan baik gratis maupun berbayar yang bisa digunakan dengan sangat mudah.

Fungsi Aplikasi Keuangan dalam Mengelola Bisnis Komersil ataupun Non Komersil

Laporan keuangan yang sehat seakan menjadi tolak ukur keberhasilan seseorang dalam menjalankan usahanya. Oleh sebab itu, setiap bisnis baik bersifat komersil ataupun tidak tentunya wajib membuat sebuah catatan keuangan yang jelas bentuknya dan periode waktunya. Kenapa adanya aplikasi khusus untuk pengelolaan keuangan dianggap sangat penting? Berikut ini penjabaran tentang beragam fungsi dari aplikasi tersebut:

  1. Mengedepankan transparansi

Tentunya Anda tidak akan bekerja sendiri dalam menjalankan sebuah bisnis yang sedang ditekuni. Banyak pihak-pihak lain yang terlibat dan ikut membantu jalannya bisnis tersebut. Fungsi transparansi di sini tak lain untuk mencegah terjadinya kecurangan atau fraud yang mungkin terjadi dari pihak internal. Oleh sebab itu, dibuatlah aplikasi tertentu berbasis komputer untuk membantu pembuatan laporan keuangan baik harian, bulanan, maupun tahunan.

  1. Meningkatkan keamanan dan fleksibilitas

Aplikasi keuangan yang dirancang dengan sistem komputerisasi tentunya akan sangat berbeda dibandingkan laporan keuangan yang ditulis secara manual di buku. Keamanan data-data keuangan menjadi jauh lebih terjamin. Selain itu, aplikasi tersebut juga sangat fleksibel karena memudahkan Anda untuk menggunakannya kapanpun dan dimanapun. Pengguna tidak akan terpaku dan direpotkan dengan buku-buku tebal yang susah untuk dibawa kemana-mana.

  1. Lebih akurat dan terpercaya

Setiap catatan keuangan yang dibuat di dalam sebuah aplikasi pastinya jauh lebih akurat dibandingkan dengan perhitungan manual. Hasil perhitungannya sudah pasti benar kecuali jika Anda salah memasukkan data terutama yang berupa angka. Laporan keuangan yang dihasilkan akan lebih terpercaya saat dilaporkan kepada pihak atasan.

  1. Efektif dan efisien

Perhitungan yang dilakukan dengan memanfaatkan aplikasi pengelolaan keuangan perusahaan dinilai jauh lebih efektif dan efisien. Anda dapat menghemat waktu, tenaga, dan biaya yang dibutuhkan untuk menghasilkan sebuah laporan keuangan yang valid dan akurat.

Aplikasi keuangan yang mampu menjalankan fungsi pengelolaan dengan baik dapat Anda dapatkan melalui ‘BukuKas’. Aplikasi tersebut dapat didownload secara gratis melalui ponsel pintar maupun PC yang dimiliki. Pengguna tak perlu khawatir saat menggunakan aplikasi ini karena tampilannya user friendly dan pengoperasiannya cukup mudah. Pekerjaan Anda akan jauh lebih praktis dan akurat dengan aplikasi Bukukas yang bisa diunggah lewat Google Play Store.

Leave a comment.

Your email address will not be published. Required fields are marked*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.