admin May 21, 2019

Anak-anak memiliki proses perkembangan otak yang sangat penting berlangsung sampai usia 9 tahun. Penting untuk melakukan stimulasi pada anak dengan menggunakan permainan anak usia dini. Anda bisa memainkannya di waktu senggang bersama anak. Manfaat dari permainan yang dilakukan bagi tumbuh kembang anak sebagai berikut.

  1. Perkembangan Mental

Manfaat yang akan didapatkan dari permainan adalah melatih perkembangan mental. Apa lagi jika Anda memilih permainan yang tepat sesuai dengan imajinasi anak. Ini akan membantu anak memiliki kemampuan untuk bisa memikirkan hal baru. Secara perkembangan mental nantinya anak akan tumbuh menjadi anak yang stabil dan bisa mengendalikan emosinya.

Permainan yang diberikan sesuai dengan kebutuhan anak atau kepandaiannya akan membuatnya merasa senang. Anak tidak akan mengalami stres lagi. Terlebih jika sudah bersekolah, perlu ada waktu yang disisihkan untuk anak Anda bisa bermain.

  1. Melatih Otak Kanan

Permainan yang Anda gunakan tentunya memiliki nilai edukasi. Salah satu manfaat yang akan didapatkan adalah mampu mendukung pertumbuhan dan perkembangan otak kanan. Anda tinggal memilih mainan yang dapat menstimulasi imajinasi anak saat bermain. Jenis permainan ini dalam jangka waktu lama akan mampu meningkatkan kecerdasan anak.

membantu anak mengoptimalkan kinerja otak kanannya. Anak dengan kemampuan ini akan memiliki tingkat kecerdasan yang lebih tinggi.

  1. Motorik Halus dan Kasar

Permainan anak usia dini sangat bermanfaat untuk membantu melatih kinerja saraf motorik halus dan kasar pada anak. Perkembangan ini akan membuat anak Anda yang masih balita menjadi semakin lincah. Banyak hal yang bisa dibuatnya yang membuat anak terlihat sangat pintar.

  1. Perkembangan Psikologi

Permainan yang dilakukan sedikit banyaknya akan mempengaruhi psikologis anak. Anda harus bisa mengontrol anak selama bermain agar emosinya tetap stabil. Dari permainan yang diberikan anak akan belajar lebih sabar selama bermain dan nanti akan lebih terbiasa sabar untuk setiap hal yang dilakukan.

Perkembangan psikologi anak yang sering bermain dengan orangtuanya akan berbeda dengan anak yang dibiarkan sendiri. Anda bisa melihat dengan jelas perbedaannya dari tingkat emosi yang dimiliki dan semangat anak saat bermain.

  1. Meningkatkan Konsentrasi

Pertumbuhan dan perkembangan anak akan selaras dengan kecerdasannya yang dilihat salah satunya dari cara anak berkonsentrasi. Berikan anak permainan yang menantangnya untuk mencapai sebuah target. Anda bisa melatih anak untuk dapat meningkatkan konsentrasi. Apa lagi jika bermain dengan Anda maka anak akan belajar untuk fokus agar bisa menang.

Manfaat ini akan terasa nantinya saat anak sudah mulai sekolah. Anak akan terbiasa fokus untuk satu hal. Proses belajarnya di sekolah akan lebih mudah untuk berkonsentrasi. Alhasil anak Anda akan menjadi anak yang penurut dan selama belajar tidak berjalan-jalan atau bermain.

  1. Kekuatan Otot

Beberapa permainan yang digunakan akan membantu melatih kekuatan otot anak. Terkhusus buat anak yang baru pandai berjalan atau masih sangat kecil. Permainan dengan bola dan sejenisnya akan membantu perkembangan ototnya menjadi lebih kuat. Anda tinggal memilih jenis permainan yang sesuai usia anak. Cerdas dalam memilih agar anak bisa tumbuh cerdas.

Pilihlah permainan anak usia dini yang aman untuk digunakan. Biarkan anak bermain senyamannya di luar atau pun di dalam rumah. Anda cukup memantaunya agar tidak terjatuh atau pun berkelahi dengan temannya. Tidak perlu takut anak Anda kotor saat bermain di luar karena ada sabun Rinso yang bisa digunakan untuk menghilangkan semua kotoran di baju.

Leave a comment.

Your email address will not be published. Required fields are marked*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.