admin December 19, 2017

Gejala awal kehamilan sekarang ini memang mudah dideteksi. Tak hanya telat datang bulan, ada tanda awal kehamilan lain yang sangat mudah terlihat. Meskipun untuk beberapa ibu hal ini tidak dirasakan, itu bisa jadi normal karena pengaruh hormon dalam tubuh. Anda mau tahu apa saja gejala awalnya selain telat datang bulan?

  1. Perut Bagian Bawah Berkedut

Ciri-ciri awal kehamilan bisa Anda rasakan lewat perut yang terasa sering kedutan seperti dipukul atau ditarik dari dalam. Perut Anda akan terasa tak nyaman selama beberapa hari yang membuat nafsu makan dan aktifitas terganggu. Ini alami karena peregangan yang terjadi pada perut Anda. Tubuh Anda sedang bersiap menerima perkembangan janin.

  1. Pendarahan Ringan

Pendarahan ringan di awal kehamilan juga sering terjadi. Biasanya darah yang keluar tidak berwarna merah melainkan merah muda. Tenang, pendarahan ini paling lama berlangsuang selama 2 hari. Kondisi ini disebabkan oleh implantasi yang terjadi pada bagian rahim alias embrio telah menempel pada rahim dan bersiap berkembang.

  1. Sering Buang Air Kecil

Perubahan hormon membentuk berbagai reaksi yang berbeda selama masa awal kehamilan, salah satunya menyebabkan seringnya buang air kecil. Ini terjadi karena kantung kemih Anda tertekan oleh rahim. Gejala ini biasanya berlangsung beberapa minggu di awal kehamilan.

  1. Sembelit

Anda yang tengah hamil muda umumnya juga akan merasakan sembelit. Itu diakibatkan hormon progesteron semakin banyak yang membuat kerja usus terlambat. Nah, akibat yang terjadi karena keterlambatan kerja usus ini adalah tinja menjadi kering dan Anda akan susah buang air besar.

  1. Tidak Bisa Tidur dengan Baik

Biasanya, Anda yang memasuki periode awal kehamilan akan mengalami masalah tidur. Itu karena perut yang terasa tak nyaman, atau frekuensi buang air yang sangat sering. Jika seperti ini, sebaiknya Anda mengambil waktu istrirahat pada siang hari lebih banyak..

  1. Sensitif terhadap Bau

Jika Anda tiba-tiba merasa tak nyaman dan indera penciuman sangat sensitif, maka bisa jadi itu adalah tanda awal kehamilan. Anda yang baru hamil biasanya tidak tahan dengan bau yang beraroma sangat kuat, aroma tak sedap atau bau makanan tertentu. Jika mencium bau ini biasanya ibu hamil akan muntah.

  1. Morning Sickness

Tanda paling lazim seorang berada dalam tahap awal kehamilan adalah morning sickness. Anda akan mual dan muntah yang biasanya terjadi pada pagi hari tanpa sebab yang jelas. Pada beberapa orang, morning sickness malah bisa terjadi sepanjang hari. Untuk menghindari tubuh lemas karena kekurangan makanan, Anda bisa mencoba makan buah yang Anda suka.

Kehamilan pastinya adalah yang sangat dinanti oleh para orangtua. Untuk itu, Anda harus mempersiapkan segala hal untuk bayi Anda sejak dini. Mulai dari pakaian dan peralatannya hingga bedak dan lain-lain. Anda bisa mencoba produk dari Zwitsal yang sudah terjamin untuk bayi Anda. Selain itu, Zwitsal juga telah teruji aman bagi bayi.

(Visited 8 times, 1 visits today)

Leave a comment.

Your email address will not be published. Required fields are marked*