admin November 8, 2017

Membeli emas misalnya menjadi pilihan banyak orang terutama kalangan perempuan terlebih dari kalangan ibu rumah tangga. Minimnya dana bulanan yang bisa ditabung kini bukanlah halangan sebab kaum ibu rumah tangga bisa menggunakan layanan cicilan emas murni batangan Antam (link ke), baik di Pegadaian maupun di perbankan berbasis syariah. Mencicil emas batangan sama artinya dengan membeli emas tersebut secara kredit, dan hanya bisa dilakukan langsung bukan belanja ke toko online.

Tentu menjadi pilihan yang menarik bagi siapa saja yang tertarik menabung dalam bentuk emas batangan namun tidak didukung dana yang cukup. Metode kredit juga memungkinkan kepemilikan emas batangan lebih cepat, sebab cicilan perbulannya menjadi metode ‘paksa’ agar bisa menyetorkan dana setiap bulan. Kalau menabung terasa sulit karena selalu tergiur untuk belanja kebutuhan lain, tentu layanan kredit emas batangan ini bisa dijadikan pertimbangan supaya di hari mendatang punya tabungan.

Kiat Aman Kredit Emas Batangan

Sebagai salah satu metode pembelian emas batangan, layanan kredit ini tentu perlu disikapi secara bijak agar tidak berbuntut pada masalah. Tidak sedikit pelaku kredit emas batangan terpaksa berhenti setor cicilan di tengah jalan lantaran kondisi keuangan yang kritis. Kalau sudah begini maka emas yang di kredit tadi akan dilelang, dan Anda pun akan kehilangan lebih banyak uang. Maka untuk menghindarinya pahami dulu bagaimana cara paling aman untuk belanja emas batangan secara kredit.

Bagi yang masih mempertimbangkan metode cicilan emas atau kredit ini, maka simak dulu beberapa kiat aman berikut supaya bisa terus maju:

  • Lakukan survei harga di lapangan,

Penyedia layanan kredit emas batangan memang perlu diakui tidak hanya di satu tempat namun ada beberapa. Usahakan untuk memilih penyedia harga paling tepat yakni yang paling murah, maka perlu survei harga dulu di lapangan. Bandingkan dulu harga per gram di beberapa tempat yang ditemukan lalu pilih harga paling menguntungkan.

  • Tentukan masa kredit sesuai kemampuan,

Pihak penyedia layanan kredit emas batangan memberikan kebebasan pada debitur untuk menentukan masa kredit. Beberapa jenis berat emas batangan juga diberi batas maksimal lama waktu kredit berlangsung. Namun, yang pasti adalah Anda punya kebebasan menentukan jangka kredit dan baiknya sesuaikan kemampuan. Jangan asal ambil yang cepat demi menghindari bunga tinggi sebab nilai cicilan akan tinggi pula, tanyakan kantong dulu sanggup tidak membayarnya?

  • Ambil harga emas yang pas dengan kapasitas,

Emas batangan hadir dalam beberapa berat per gram, semakin kecil tentu semakin murah meski biaya cetak sebaliknya. Sebab semakin kecil berat emas batangan biaya produksinya akan meningkat sehingga biaya cetak lebih mahal. Namun biaya cetak ini jauh lebih murah ketimbang membeli emas batangan satu gram lebih berat dan yang dipilih. Maka, untuk kelancaran kredit usahakan memilih harga sesuai kapasitas kantong sehingga emas lunas tepat pada waktunya.

  • Selalu bayar cicilan di awal bulan,

Menghindari terlambat karena lupa apalagi karena kehabisan uang bulanan, maka idealnya cicilan kredit emas dibayar di awal bulan. Pembayaran tepat dilakukan saat gaji bulanan turun ke rekening penggajian. Tujuannya untuk mencegah belanja berlebihan sehingga saldo rekening kritis padahal ada beberapa cicilan yang belum dilunasi. Ada baiknya semua cicilan, termasuk cicilan emas dilunasi dahulu sehingga nyaman di hati.

Leave a comment.

Your email address will not be published. Required fields are marked*