admin July 3, 2019

Olahraga merupakan jadwal seminggu sekali yang dilakukan pelajar saat sekolah. Beragam jenis kegiatan dilakukan seperti berlari dan permainan kelompok dilakukan. Dengan demikian, tubuh tetap terjaga kesehatannya. Seiring berjalannya waktu, setiap orang yang lulus sekolah akan sibuk dengan aktivitasnya masing-masing. Tak heran, jadwal untuk berolahraga pun terasa tak sempat untuk dilakukan barang lima belas menit saja.

Padahal, ketika tubuh sudah lama tidak olahraga akan menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan. Disisi lain, tubuh akan menjadi kendor dan berpengaruh terhadap produktivitas Anda keseharian. Nah, berikut ini akan diuraikan mengenai dampak berhenti olahraga serta tips agar tidak malas berolahraga yang perlu Anda terapkan.

Efek Berhenti Olahraga pada Tubuh

Ada berbagai dampak bagi tubuh yang terjadi ketika seseorang berhenti berolahraga. Salah satunya, berat badan menjadi naik. Ya, jika Anda berpikir setelah memiliki bentuk tubuh ideal, lantas berhenti berhenti olahraga, maka pilihan tersebut akan memberikan perubahan pada massat ubuh Anda. Sebab, tubuh seseorang akan kembali gemuk ketika berhenti olahraga. Disamping itu, dampak kesehatan lainnya berupa menurunnya kinerja otak, otot kembali kaku, dan meningkatkan kadar gula dalam darah.

Mengingat bahaya yang besar yang bakalan menyerang tubuh Anda, ada baiknya untuk kembali mulai berolahraga meski hanya sebentar saja. Daripada mencari-cari alasan untuk malas berolahraga, berikut ini cara hilangkan rasa malas yang dapat Anda terapkan saat hendak berolahraga.

Ketahui Manfaat Olahraga

Setiap orang pasti hanya akan melakukan aktivitas yang menguntungkan bagi dirinya sendiri. Hal tersebut sudah menjadi sifat alamiah manusia. Nah, bagi Anda yang selalu mencari alasan malas untuk berolahraga, pelajari lagi manfaat dari olahraga itu bagi tubuh Anda. Apabila ada banyak keuntungan yang akan diperoleh ketika berolahraga, bisa Anda jadikan motivasi untuk memulai olahraga kembali.

Jika perlu, temukan alasan personal yang mendukung aktivitas olahraga Anda. Misalnya untuk mendapatkan tubuh yang ideal atau membentuk otot yang indah. Apabila Anda memiliki alasan personal, akan menjadi motivasi kuat untuk rajin olahraga.

Mulailah Gerakan dan Latihan yang Sederhana

Jangan hanya terpaku pada motivasi-motivasi untuk mulai berolahraga tanpa diimbangi dengan action yang tepat. Segera mulai gerakan dan latihan sederhana untuk akvitias olahraga Anda. Misalnya saja sit up maupun push up. Setelah lama tidak berolahraga, hindari terlalu memforsir tubuh Anda pada saat memulai olahraga. Bukannya bertambah sehat, hal tersebut malah akan mengakibatkan tubuh Anda sakit. Jika demikian, akan bertambah alasan untuk mundur dari olahraga.

Buatlah Planning untuk Olahraga dalam Seminggu

Setelah memulai untuk olahraga, usahakan untuk membuat planning atau jadwal olahraga lebih rutin. Hal ini berkaitan dengan tujuan yang akan dicapai. Paling tidak, olahraga satu kali seminggu sudah cukup bagi Anda yang memiliki aktivitas padat. Sekali lagi, ingatlah untuk tidak forsir tubuhmu dan rancang gerakan yang simpel di awal minggu berolahraga.

Bergabung dengan Teman yang Suka Olahraga

Terkadang, niat yang bagus ini akan pudar jika Anda tidak memiliki teman untuk berolahraga bersama. Nah, untuk menambah semangat olahraga, sebaiknya carilah teman untuk berolahraga bersama. Hal ini penting bagi Anda yang memang masih memiliki motivasi yang kurang kuat. Ketahuilah, memiliki teman yang suka olahraga juga berguna untuk saling mengingatkan dan memberi semangat saat rasa malas tersebut muncul.

Terakhir, berilah apresiasi pada diri Anda ketika ketika mencapai suatu target.  Nah, itulah beberapa tips agar tidak malas olahraga demi menjaga kesehatan tubuh Anda.

Leave a comment.

Your email address will not be published. Required fields are marked*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.