admin October 2, 2019

Masalah yang mungkin sering dihadapi oleh pemelihara binatang seperti anjing dan kucing adalah adanya kutu. Kutu hewan memang berbeda dengan kutu yang biasanya ada di rambut manusia, namun menimbulkan efek yang kurang lebih sama yaitu menyebabkan gatal dan berisiko menimbulkan penyakit. Jika dibiarkan terlalu lama, kutu pada hewan bisa semakin menyebar. Oleh karena itu, jika mengetahui bahwa hewan peliharaan anda terserang kutu, sebaiknya atasi segera menggunakan cara menghilangkan kutu  pada hewan dengan tepat.

Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan guna menghilangkan kutu yang menempel pada tubuh hewan seperti anjing dan kucing. Beberapa diantaranya ialah:

1.      Gunakan Sabun Khusus

Untuk menjaga kebersihan dan kesehatan hewan, sudah seharusnya dimandikan secara teratur. Saat ini, sudah ada beberapa jenis sabun atau shampoo khusus untuk menghilangkan kutu. Anda bisa menggunakannya saat memandikan hewan peliharaan. Sebelum menggunakan sabun khusus untuk dipakai sebagai cara menghilangkan kutu, pastikan membaca aturan pakai dan efek sampingnya. Jenis sabun khusus penghilang kutu hewan dapat anda dapatkan di toko yang menjual berbagai alat kebutuhan hewan.

2.      Pakai Sisir Rapat

Cara menghilangkan kutu yang satu ini mungkin hampir mirip dengan cara menghilangkan kutu pada manusia yaitu menggunakan sisir khusus yang rapat.  Meski cara ini terkesan manual, namun patut dicoba sebagai langkah pertama mengatasi kutu pada hewan. Gunakan sisir rapat pada bulu hewan yang terdapat kutu, lakukan cara ini secara berulang untuk mengurangi jumlah kutu yang ada. Jika anda melakukannya dengan teratur, bukan tidak mungkin hewan kesayangan anda akan benar-benar bersih dari si kutu nakal!

3.      Rendam Pada Larutan Garam

Memanfaatkan bahan yang ada di dapur sebagai cara menghilangkan kutu hewan? Kenapa tidak! Anda bisa menggunakan garam yang sudah dilarutkan ke dalam air hangat, untuk kemudian digunakan sebagai air rendaman. Saat sedang memandikan hewan, rendam hewan pada larutan garam tadi selama beberapa saat untuk menghilangkan kutu serta larva yang menempel pada kulit serta bulu hewan. Rasa asin pada garam dapat menyebabkan kutu terasa “Mabuk” sehingga ia mudah luruh dari bulu hewan. Cara ini tergolong mudah dan murah, anda tentu bisa langsung mencobanya jika mau.

4.      Suntik Vaksin Ivermectin

Alternatif lainnya yang bisa digunakan sebagai cara menghilangkan kutu pada hewan adalah dengan suntik vaksin Ivermectin. Sebelum melakukan suntikan, harus melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter hewan, bahkan sebaiknya proses penyuntikan dilakukan oleh yang ahli. Tidak disarankan melakukan penyuntikan sendiri dan tanpa anjuran dokter hewan. Cara ini mungkin terkesan lebih ribet dan tentu saja perlu mengeluarkan uang sebagai biaya pengobatan. Namun, jika memang berbagai cara sudah dilakukan dan belum menunjukkan hasil yang baik, tidak ada salahnya jika anda mencoba cara ini.

5.      Usapkan Minyak Telon

Nah, untuk cara yang terakhir anda perlu minyak telon sebagai bahan pengusir kutu pada hewan. Cara pengaplikasiannya sangat mudah, hanya perlu mengusapkan minyak telon pada permukaan tubuh hewan. Biarkan selama beberapa saat dan lakukan cara ini secara teratur. Namun, perlu diperhatikan dalam penggunaan dosis minyak telon, sebaiknya jangan terlalu banyak karena khawatir hewan akan menjilat tubuhnya dan akhirnya termakan minyak telon yang masih menempel.

Dari 5 cara menghilangkan kutu hewan yang sudah dibahas tadi, anda bisa memilih salah satu diantaranya untuk dicoba. Jika belum berhasil dengan cara yang satu, bisa beralih untuk mencoba cara lainnya. Semoga informasi pada artikel ini bermanfaat dan jangan lupa untuk membagikannya jika dirasa menarik.

Leave a comment.

Your email address will not be published. Required fields are marked*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.