admin January 5, 2020

Untuk bayi di atas usia 6 bulan yang mana sudah mulai belajar makan selain ASI atau yang biasa disebut dengan istilah MPASI, terkadang ada kalanya mengalami sembelit. Meski masalah sembelit bukanlah hal yang gawat, namun tidak jarang hal ini membuat para ibu merasa khawatir. Susah buang air besar dapat menimbulkan rasa tidak nyaman pada bayi sehingga memang sudah seharusnya dicari solusi untuk penanganan yang tepat. Bagi yang saat ini tengah menghadapi masalah anak atau bayi susah BAB, coba simak beberapa cara mengatasi BAB keras pada bayi  berikut ini, semoga cukup membantu.

1.      Pijat Perut Bayi

Hal paling mudah dan cepat yang bisa dilakukan untuk mengatasi sembelit pada bayi adalah dengan melakukan pijatan ringan pada bagian perut bayi. Lakukan pijatan searah jarum jam dengan memakai baby oil, lakukan secara perlahan dan hati-hati untuk membuat perut bayi terasa nyaman dan melancarkan kerja sistem pencernaannya. Gerakan pijat pada perut bayi yang dilakukan dengan benar juga dapat memberikan efek rileks sehingga bayi yang tadinya rewel, bisa jadi lebih tenang.

2.      Ganti Susu Formula

Jika anak bunda mengkonsumsi susu formula atau baru berganti jenis susu formula dan setelah itu mengalami smebelit, maka penyebab dari terjadinya susah BAB bisa jadi karena faktor susu formula. Setiap jenis susu formula memiliki komposisi yang berbeda sehingga hal ini sangat mungkin mengakibatkan terjadinya sembelit pada bayi. Itulah mengapa, saat ingin menggunakan susu formula atau menggantinya dengan merk lain, sebaiknya lakukan konsultasi terlebih dahulu kepada dokter ahli.

3.      Gunakan Pelembut Tinja

Cara mengatasi BAB keras pada bayi lainnya yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan pelembut tinja. Tentunya, sebelum menggunakan cara ini harus terlebih dahulu melakukan konsultasi kepada dokter ahli, terlebih jika awam soal penggunaan obat pelembut tinja. Untuk bayi, pelembut tinja dapat ditambahkan pada makanan yang akan diberikan pada bayi.

4.      Konsumsi Makanan Kaya Serat

Cara ini tergolong mudah dan bisa diterapkan pada bayi usia 6 bulan ke atas hingga anak-anak yaitu dengan memberikan makanan kaya serat. Ada beberapa jenis makanan seperti buah atau sayur yang dipercaya dapat melancarkan pencernaan sehingga aktivitas buang air besar jadi lebih mudah. Beberapa jenis buah yang dapat mengatasi sembelit adalah plum, pepaya dan buah naga. Buah ini dapat dikonsumsi langsung ataupun diolah terlebih dahulu menjadi jenis makanan lain untuk membuatnya terlihat menarik bagi bayi.

Leave a comment.

Your email address will not be published. Required fields are marked*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.