admin November 15, 2017

Objek wisata alam di Samarinda sebenarnya cukup potensial, sebut saja: air terjun berambai, sungai mahakam, air terjun pinang seribu, dan kebun raya unmul. Namun sayangnya, beberapa objek wisata itu sudah mulai kehilangan popularitasnya, kondisinya pun ada yang tidak terawat lagi. Hal ini memang perlu dukungan dari pemerintah daerah untuk ikut memerhatikan sektor pariwisata, terutama wisata alam.

Nah, pada artikel kali ini kami akan mengulas tiga (3) objek wisata alam di Samarinda yang perlu Anda kunjungi. Tanpa berlama-lama lagi, yuk, simak informasi berikut ini.

 

  • Air Terjun Tanah Merah

 

Samarinda masih memiliki air terjun, lho, meski tidak setinggi di Pulau Jawa. Air Terjun Tanah Merah merupakan air terjun tertinggi di Samarinda dengan ketinggian 15 meter.

Berbeda dengan air terjun di daerah Puncak, Bogor, yang berair bening, air terjun Tanah Merah memiliki kolam air berwarna keruh. Hal ini dikarenakan tanah yang menjadi alas merupakan tanah gambut. Meski demikian, objek wisata ini masih nyaman untuk dinikmati. Air Terjun Tanah Merah berada di tengah-tengah hutan, Anda bisa menghirup udara segar sembari melihat pepohonan yang rindang. Gemericik air pun cukup membuat hati tenang.

Alamat: Dusun Purwosari, Kecamatan Samarinda Utara.

Tiket masuk: Rp5.000,00.

Parkir: Rp2.000,00 (motor) dan Rp5.000,00 (mobil).

Fasilitas: kamar mandi, gazebo, bangku taman, warung makan, pemancingan, outbound, area parkir, dan arena bermain anak.

 

 

  • Pulau Kumala

 

Pulau Kumala menyajikan pariwisata yang cukup komplet, seperti wisata alam, wisata budaya, dan wahana permainan.

Wisata alam yang dimiliki ialah menikmati keindahan Kota Tenggarong dari ketinggian. Anda bisa menikmati kota ini melalui sky tower setinggi 100 meter. Anda juga bisa melihat akuarium raksasa untuk melihat spesies ikan orcaella brevirostris, yaitu sejenis ikan lumba-lumba air tawar.

Di pulau tersebut terdapat beberapa wahana permainan yang bisa Anda coba, seperti: kereta mini, kereta gantung, dan komedi putar. Anda juga bisa melihat wisata budaya seperti: rumah adat khas Kalimantan, candi-candi, dan patung lembu.

 

 

  • Pulau Beras Basah Samarinda

 

Nah, ini objek wisata alam yang sayang untuk dilewatkan jika Anda kebetulan berkunjung ke Samarinda. Memang jaraknya cukup jauh, kira-kira Anda membutuhkan waktu tiga jam perjalanan dari pusat kota. Namun, sesampainya di sana, Anda akan disambut dengan deburan ombak yang lembut, lengkap dengan pantai berpasir putih yang jernih.

Keunggulan dari Pulai Beras Basah ialah keindahan pemandangan bawah laut yang begitu memesona. Anda bisa melihat puluhan biota laut dan terumbu karang yang cantik. Tak berlebihan memang  bila pulau ini disebut-sebut sebagai surganya pencinta diving dan snorkling. Anda juga bisa menikmati keindahan matahari terbit dan matahari tenggelam dari pulau ini.

Alamat: Selat Makassar, Bontang. Kalimantan Timur.

Fasilitas: musola, penginapan, dan kawasan kuliner.

Demikian tiga wisata alam di Samarinda yang sayang untuk dilewatkan. Jadi, jangan melewatkannya, ya! Oh ya, bagi Anda yang berasal dari luar kota ada baiknya mencari hotel murah di Samarinda agar biaya perjalanan Anda lebih hemat. Salah satu layanan yang menyediakan hotel murah berkualitas ialah Airy Rooms.

Airy Rooms memiliki jaringan hotel terluas dengan harga yang kompetitif. Selain hemat dikantong, ada pula 7 jaminan fasilitas di setiap kamar yang membuat Anda lebih nyaman. Ketujuh jaminan fasilitas ini meliputi: kamar dan tempat tidur yang bersih lengkap dengan AC atau pendingin ruangan, internet WIFI gratis, shower air hangat, TV flat, peralatan mandi, dan air minum gratis. Anda bisa memperoleh hotel di Samarinda mulai dari 200 ribuan. Tidak percaya? Silakan cek di sini.

Leave a comment.

Your email address will not be published. Required fields are marked*